Tribun Campus

UKSW Kirim 10 Mahasiswa Untuk Dampingi Peserta Global Youth Summit 2019 di Magelang

Sepuluh mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga terpilih sebagai fasilitator kegiatan bertajuk Global Youth Summit (GYS) 2019

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Wali Kota Salatiga Yulianto menerima kunjungan 10 Fasilitator dari UKSW sebelum mengikuti Global Youth Summit (GYS) 2019 ke Magelang di Rumah Dinas Walikota Selasa (15/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM,SALATIGA -- Sepuluh mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga terpilih sebagai fasilitator kegiatan bertajuk Global Youth Summit (GYS) 2019 di SMA Taruna Nusantara (SMATN) Magelang, Jawa Tengah.

Dosen program studi Destinasi Pariwisata Fakultas Interdisiplin UKSW Aldi Herindra Lasso mengatakan GYS, merupakan pertemuan tahunan antar kaum muda perwakilan dari 14 negara se-Asia Pasifik termasuk Indonesia atas prakarsa Hemispheres Foundation yang berkantor pusat di Singapura.

"Kesepuluh delegasi mahasiswa itu akan mengikuti rangkaian kegiatan GYS 2019 selama empat hari mulai 16 hingga 20 Januari 2019," terangnya dalam rilis Kepada Tribunjateng.com Selasa (15/1/2019)

Lasso menjelaskan sepuluh mahasiswa tersebut terpilih melalui seleksi wawancara oleh tiga dosen UKSW. Pekan lalu mereka juga telah memperoleh pembekalan yang diberikan langsung oleh Hemispheres Foundation Singapura bersama 12 fasilitator lain dari SMATN Magelang.

“GYS adalah sebuah paket event bagi kawula muda, dimana didalamnya terdapat berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, field trip dan kegiatan lainnya yang terfokus pada kepedulian lingkungan hidup," sebutnya

Lasso menambahkan peserta merupakan remaja mulai dari usia 11 sampai 21 tahun. Untuk tema sendiri kata dia, tahun 2019 mengusung "Biodiversity and Water Scarcity".

Keseluruhan peserta akan diberikan materi dari beberapa pembicara level internasional.

"Saya berharap fasilitator dari UKSW dapat membantu peserta agar mengikuti seluruh rangkain kegiatan tersebut dengan lancar. Terlebih mereka akan dibangunkan kesadarannya tentang isu-isu global yang berkaitan dengan lingkungan hidup saat ini," sambungnya

Selain sepuluh fasilitator, dalam kesempatan ini turut serta satu mahasiswa Fakultas Biologi UKSW, Andrea Amanda Witjaksono yang menjadi salah satu peserta GYS 2019.

"Output dari kegiatan tersebut peserta akan membuat project untuk membantu masyarakat lokal dalam menghadapi permasalahan lingkungan," paparnya

Walikota Salatiga Yulianto disela pelepasan delegasi mahasiswa dari UKSW berharap agar seluruh delegasi nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi kota Salatiga seusai mengikuti GYS 2019.

Menurutnya, tiga tahun berturut-turut Kota Salatiga diganjar Piala Adipura tidak lain atas keberhasilan dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan.

“Kami berharap kedepan kalian dapat memberikan ide inovasi di bidang lingkungan. Kota Salatiga yang belum lama ini juga meraih predikat kota cerdas membuat kami memiliki tangungjawab untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan” ujarnya (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved