Di 2019, IHSG Diprediksi Tetap di Jalur Positif

meskipun masa kampanye berjalan lebih lama, investor tidak harus dihadapkan dengan kampanye sebanyak dua kali

Di 2019, IHSG Diprediksi Tetap di Jalur Positif
thikstock via Kompas.com
Ilustrasi bursa 

TRIBUNJATENG.COM - Direktur Eksekutif Charta Politica, Yunarto Wijaya mengatakan, di tahun politik kali ini, investor harus menhadapi masa wait and see yang lebih lama lantaran masa kampanye yang juga cukup panjang, yaitu enam bulan.

Namun, dirinya optimis kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tahun ini akan positif seperti pengalaman pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, meskipun masa kampanye berjalan lebih lama, investor tidak harus dihadapkan dengan kampanye sebanyak dua kali untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pemilu).

"Secara kualitatif, pengalaman Pemilu sebelum-sebelumnya aman-aman saja. IHSG selalu positif," Yunarto ketika memberikan paparan dalam Market Outlook 2019 Bank Commonwealth di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Selain itu, berbeda dengan Pemilu 2014 di mana kedua calon belum fokus pada rancangan kebijakan namun lebih kepada personal branding.

Sementara tahun ini, kedua calon sudah dikenal sehingga akan lebih fokus untuk memaparkan kebijakan lima tahun ke depan.

Yunarto mengatakan, berbagai isu personal yang tahun lalu sangat santer dibahas kini mulai berkurang dan beralih ke isu-isu terkait kebijakan yang diambil oleh calon presiden yang saat ini tengah menjabat.

"Pemilu tahun ini temanya berbeda, lebih kepada menguji kebijakan," ujar dia.

Sementara, kekhawatiran iklim usaha lebih disebabkan jika terjadi risiko konflik.

"Tahun ini hanya ramai di sosmed (media sosial) saja."

Halaman
12
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved