Ganjar Pranowo Sidak Perekaman E-KTP di Brebes, Apakah Ada Pungli?

Ganjar Pranowo bertanya langsung kepada warga Brebes mengenai ada tidaknya praktik pungli dalam proses pembuatan E-KTP.

Ganjar Pranowo Sidak Perekaman E-KTP di Brebes, Apakah Ada Pungli?
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sidak pembuatan e-KTP di kantor Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Kamis (17/1/2019) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Meski sudah diwanti-wanti, persoalan pungutan liar (pungli) pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP ternyata masih marak terjadi di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun bertindak cepat melakukan sidak proses perekaman e-KTP di desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Kamis (17/1/2019) siang.

Dalam kesempatan itu, Ganjar bertanya langsung kepada warga mengenai ada tidaknya praktik pungli dalam proses pembuatan E-KTP.

Secara kompak, warga menjawab tidak ada.

"Tidak ada Pak Ganjar, gratis. Cuma, ya, itu harus menunggu lama. Saya saja sudah menunggu 10 bulan," kata Fikri Nurhidayat, warga Paguyangan.

Mendengar hal itu, Ganjar kembali menekankan kepada warga agar jujur dan tidak bohong.

Dia mengaku mendapat banyak laporan atau pengaduan dari masyarakat mengenai ulah oknum yang melakukan pungli dalam pembuatan E-KTP.

Namun, warga kembali kompak menjawab tidak ada.

"Sudah ada banyak laporan ke saya, bahwa ada pungli dalam proses pembuatan E-KTP tersebut. Maka hari ini, saya memantau proses perekaman E-KTP di Brebes ini untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kotor itu," tandas Ganjar.

Dia menegaskan akan melakukan tindakan tegas kepada semua oknum yang melakukan pungli kepada warga yang mengurus identitas diri.

Halaman
123
Penulis: faisal affan
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved