Breaking News:

Warga Adimulyo Kebumen Mendapat Layanan Kesehatan Gratis dari MRI-ACT Jateng Usai Banjir Bandang

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kabupaten Kebumen beberapa pekan terakhir.

Penulis: faisal affan | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Beberapa warga korban banjir sedang mendapatkan pengobatan gratis dari act jateng dan mri usai banjir bandang di kebumen 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kabupaten Kebumen beberapa pekan terakhir.

Tingginya debit air dan jebolnya tanggul mengakibatkan sejumlah tempat mengalami banjir yang menggenangi perkampungan warga.

Satu di antara lokasi yang terdampak cukup parah berada di Desa Adiluhur dan Mangunharjo, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen.

Minggu, (20/1/219) Tim Emergency Response Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah dibantu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) melakukan pelayanan kesehatan gratis untuk warga yang membutuhkan.

"Sejak hari Kamis (17/1/2019) kami sudah melakukan assessment di beberapa titik terjadinya banjir dan tanah longsor. Ini adalah banjir pertama yang terjadi di Kecamatan Adimulyo sejak tahun 2002," ungkap Irfan Maulana selaku koordinator relawan MRI Jawa Tengah.

"MRI-ACT menginisiasi pelayanan kesehatan dengan mendatangkan tim medis yang menyebar di tiga titik Posko yakni, kantor Kelurahan, rumah warga dan poskamling selain itu kami juga memberikan bantuan lll logistik serta kebutuhan mendasar," tambah Irfan.

Belum genap setengah hari dibuka pada Mingggu (20/1/2019) pagi, sudah lebih dari 90 warga yang datang untuk memeriksa kesehatan.

Menurut Irfan sebagian besar warga mengalami gejala tinea pedis (gatal-gatal akibat jamur di kaki), ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), hipertensi, dan nyeri kepala.

Kepala Koramil 17, Kecamatan Adimulyo Kodim 07 09, Susanto melaporkan banjir sudah mulai surut meski di beberapa lokasi masih tergenang air.

"Akibat banjir menyebabkan sawah pertanian warga rusak, sementara itu warga mulai mengeluh soal kesehatan."

Susanto menambahkan, sejak terjadi banjir sampai sekarang, belum ada layanan kesehatan gratis selain dari MRI-ACT.

"Oleh karena itu kami sangat berterimakasih atas bantuan dan koordinasi dalam membantu warga," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved