DSKS Pastikan Tak Ada Unjuk Rasa Batalnya Pembebasan Abu Bakar Baasyir

Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) memastikan tidak akan ada aksi unjuk rasa dari ormas Islam, meski pembebasan Ustaz Abu Bakar Baasyir dibatalkan.

DSKS Pastikan Tak Ada Unjuk Rasa Batalnya Pembebasan Abu Bakar Baasyir
Istimewa
Abu Bakar Baasyir (tengah) didampingi Yusril Ihza Mahendra (kanan) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) memastikan tidak akan ada aksi unjuk rasa dari ormas Islam, meski pembebasan Ustaz Abu Bakar Baasyir dibatalkan.

Humas DSKS, Endro Sudarsono mengatakan pihaknya masih mendukung Tim Pengacara Muslim (TPM) dan Komnas HAM, untuk membebaskan tokoh pendiri Ponpes Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo itu.

"Tidak (aksi unjuk rasa). Kami mendukung TPM dan Komnas HAM untuk minta pembebasan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir dengan pertimbangan status beliau sebagai ulama dan pertimbangan kemanusiaan," kata Endro, Rabu (23/1/2019).

‎Karding Bantah Presiden Jokowi Tak Tegas Soal Pembebasan Abu Bakar Baasyir

Endro berpendapat, pertimbangan dari pemerintah terkait hormati ulama dan kemaunisaan bukan merupakan pertimbangan utama.

Menurut dia, pertimbangan itu justru pada syarat bebas bersyarat secara umum.

"Tidak ada terobosan sebagaimana yang disampaikan Pak Yusril yaitu mengesampingkan syarat pada status bebas bersyarat menjadi bebas murni," imbuhnya.

Endro mengatakan sikap pemerintah mulai Jumat hingga Senin sore selaras dengan sikap Penasehat Hukum Jokowi-Maaruf itu. Masih berani bersikap terhadap Pemerintah Australia.

Senin sore atau malam, lanjutnya, pemerintah menjadi kontradiksi dengan harapan umat dan usaha Yusril.

"Rencana Pembebasan Ustaz ABB menguntungkan semua pihak, baik pihak ustaz abu maupun pemerintah. Terlepas dari kalkulasi politik, pembatalan Ustaz Abu justru sebagian masyarakat bertanya ada apa dibalik pembatalan ini?"ujar Endro. (*)

Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved