Ini 6 Jenis Sakit Perut yang Tak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius

Bagi kebanyakan orang, sakit perut adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk sakit perut akibat kebanyakan makan

Ini 6 Jenis Sakit Perut yang Tak Boleh Diabaikan, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Serius
IST
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM – Bagi kebanyakan orang, sakit perut adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk sakit perut akibat kebanyakan makan.

Tetapi, di luar ketidaknyamanan itu, ada beberapa bentuk sakit perut yang bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius dan tidak boleh diabaikan.

Bisa sangat sulit untuk mengetahui apakah sakit perut yang Anda rasakan adalah jenis yang akan sembuh sendiri atau perlu ke dokter.

Berikut ini informasi tentang enam jenis sakit perut yang jangan sampai Anda abaikan, seperti dilansir dari huffpost.

Rasa sakit yang tidak hilang

Setiap ketidaknyamanan perut kronis - yaitu, nyeri yang terus-menerus atau berulang yang berlangsung tiga bulan atau lebih - memerlukan kunjungan ke dokter atau ahli gizi, kata Liz McMahon, ahli diet terdaftar yang berbasis di Philadelphia.

Ketidaknyamanan semacam ini termasuk gejala seperti diare yang sedang berlangsung, sembelit, sakit setelah makan, merasa kenyang hanya dengan beberapa gigitan makanan, kembung dan gas.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh apa saja mulai dari sindrom iritasi usus besar atau intoleransi laktosa hingga sesuatu yang lebih parah seperti gastroparesis, suatu kondisi di mana perut tidak kosong dengan baik, katanya.

“Sangat penting untuk menemui dokter untuk mengesampingkan hal yang lebih serius seperti penyakit radang usus atau penyakit celiac, serta hanya untuk mendapatkan diagnosis yang tepat,” kata McMahon.

"Begitu kita tahu apa masalahnya, maka ahli diet yang terdaftar dapat memberikan rekomendasi diet yang tepat."

Halaman
1234
Editor: muslimah
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved