14 Titik Lampu Merah di Purwokerto Dipasangi Kamera CCTV

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran warga dalam tertib berlalu-lintas di kota Purwokerto kini dipasang sejumlah camera CCTV

14 Titik Lampu Merah di Purwokerto Dipasangi Kamera CCTV
Tribunjateng.com/Permata Putra Sejati
Papan peringatan 'Simpang Diawasi Kamera CCTV' terpasang di kompleks Simpang Kebondalem, Kota Purwokerto, Rabu (30/01/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Permata Putra Sejati

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Sebagai upaya meningkatkan kesadaran warga dalam tertib berlalu-lintas di kota Purwokerto kini dipasang sejumlah camera CCTV.

Pemerintah Kabupaten Banyumas telah memasang 48 rambu peringatan yang terpasang di 14 titik lokasi Area Traffic Control System (ATCS).

Papan peringatan bertuliskan 'Simpang Diawasi Kamera CCTV'. Papan peringatan tersebut menyiratkan semua gerak-gerik pengendara diawasi kamera CCTV.

Hal itu dimaksudkan sebagai sarana preventif dan promotif guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

ATCS dilengkapi kamera CCTV yang terhubung langsung dengan ruang kontrol petugas Dinas Perhubungan.

Dengan demikian, para petugas bisa mengantisipasi tanpa harus datang langsung ke lokasi.

"Kebijakan ini dimaksudkan agar tidak ada yang melanggar. Karena jika melanggar akan ketahuan dan terekam kamera CCTV yang terpasang di perempatan jalan," ujar Sugeng Hardoyo, Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas kepada Tribunjateng.com, Rabu (30/01/2019).

Pemasangan kamera CCTV di setiap persimpangan jalan kota Purwokerto juga sebagai langkah awal mempersiapkan tilang elektronik.

Pengguna jalan pada nantinya harus memperhatikan betul rambu-rambu dan peraturan berlalu-lintas.

Misalnya saja yang sering terjadi adalah melanggar marka jalan dan tidak menggunakan helm. Semua akan terpantau dan terlihat melalui kamera ATCS.

Salah seorang pengendara sepeda motor bernama Ikhsan (24) warga Purbalingga mengapresiasi pemasangan kamera CCTV di setiap perempatan jalan.

"Sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar tertib lalu-lintas saya kira bagus. Sudah seperti kota-kota besar lain yang menerapkan tilang elektronik," ujar Ikhsan. (jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved