ANALISIS: Soal Teror Kain Api di Semarang, Polisi Harus Cepat

Polri dalam hal ini Polrestabes Semarang harus segera bertindak cepat. Sembari menunggu pelakunya tertangkap

ANALISIS: Soal Teror Kain Api di Semarang, Polisi Harus Cepat
Tribunjateng.com/Muh Radlis
Dugaan pembakaran mobil oleh orang tak dikenal kembali terjadi. Kali ini mobil Daihatsu Ayla warna putih di Jalan Ciliwung, Mlatiharjo, Semarang Timur, Kota Semarang, menjadi sasarannya, Kamis (31/1/2019) dini hari. 

Dr. Tugimin Supriyadi, Psi.

Pengamat Kepolisian Universitas Bhayangkara

Polri dalam hal ini Polrestabes Semarang harus segera bertindak cepat. Sembari menunggu pelakunya tertangkap, lakukan counter yang bisa mengikis tindakan yang sudah masuk kategori teror tersebut.

Bila diperlukan bentuk tim khusus yang selalu berpatroli di jam dan daerah rawan. Pola patrolinya pun harus berkesinambungan menyesuaikan tingkat kerawanan.

Apabila tertangkap, pelaku harus ditindak tegas. Tindakannya yang sudah kriminal ini sangat meresahkan masyarakat.

Hal yang paling penting juga adalah upaya Polrestabes Semarang menekan isu negatif yang bisa memunculkan kekhawatiran warga terkait situasi Kamtibmas.

Himbauan ke masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Menjadi polisi untuk diri sendiri atau barang pribadi.

Di saat ini, memang sangat penting mengaktifkan kembali siskamling. Melibatkan seluruh masyarakat secara bergiliran berjaga agar lingkungan aman dari ancaman tindakan kriminal.

Keterlibatan warga dan apabila diperlukan menggunakan satuan pengamanan juga perlu sebagai antisipasi terhadap masuknya orang asing mencurigakan ke wilayah atau lingkungan.

Pengurus RT dan RW atau tokoh masyarakat juga harus intens berkoordinasi dengan keamanan melekat dari TNI atau Polri yakni Babinkamtibmas dan Babinsa.

Apabila memungkinkan, pemasangan kamera pengawas atau CCTV di lingkungan atau rumah juga akan membantu pengungkapan tindakan kriminal seperti ini. (Lyz)

Penulis: muh radlis
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved