Museum VW Akan Hadir di Kawasan Kota Lama Semarang, Isinya VW dari tahun 1950-an hingga 1980-an

"Kami akan membuat house of VW. rencananya gedung itu akan diisi VW dari tahun 1950an hingga 1980an," terang Adi

Museum VW Akan Hadir di Kawasan Kota Lama Semarang, Isinya VW dari tahun 1950-an hingga 1980-an
Tribunjateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Suasana Kawasan Kota Lama, Jumat (1/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Eka Yulianti Fajlin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Revitalisasi Kawasan Kota Lama terus dilakukan. Revitalisasi ini pun disambut baik oleh sejumlah pemilik gedung di Kota Lama. Satu diantaranya PT Perusahaan Perdagangan (PPI) (Persero) yang akan membangun destinasi wisata baru di Kawasan Kota Lama.

Asisten Senior Manajer Optimalisasi Properti PT PPI (Persero), Adi Rakhman Akbar mengatakan, pihaknya memiliki 13 gedung di Kota Lama. Beberapa gedung tersebut rencananya akan dikembangkan menjadi destinasi menarik dengan menggandeng PT Taman Wisata Candi (TWC) yakni museum mobil VW.

"Kami punya 13 gedung. Lima gedung sudah dipinjam Pemkot Semarang. Nanti ada beberapa gedung lagi yang akan disulap menjadi museum VW," katanya, Jumat (1/2/2019).

Dikatakannya, hasil mapping sementara yang dilakukan PT PPI dan PT TWC, sebuah gedung dinilai cocok untuk membangun museum VW. Adapun luas lahan tersebut sekitar 1.068 meter persegi. Selain gedung itu, beberapa gedung lain juga masih dincar untuk menjadi museum VW.

"Kami akan membuat house of VW. rencananya gedung itu akan diisi VW dari tahun 1950an hingga 1980an," terang Adi.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWC, Mardijono Nugroho menjelaskan, hasil mapping sementara ini nantinya akan digunakan untuk test market guna mengetahui keinginan masyarakat.

"Kalau animonya bagus, nanti akan dilakukan pengembangan lahan, konsep dasarnya mirip museum angkut namun khusus mobil VW," terang Mardijono.

Menurutnya, mobil klasik akan cocok disandingkan di kawasan gedung tua berarsitektur Eropa. Selain itu, Mobil VW dapat menyasar semua kalangan masyarakat.

"Destinasi VW ini bisa menyasar semua segment, dari kalangan kelas menengah, bawah hingga kalangan atas," imbuhnya.

Lebih lanjut, Marjiono mengatakan, sinergi dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dilakukan guna memanfaatkan aset yang dimiliki oleh PT. PPI di Kawasan Kota Lama Semarang. Terlebih, Kota Lama memiliki sejarah yang kental tentang perkembangan perdagangan di Jawa Tengah.

Adapun rencana peresmian House of VW ini akan dilakukan pada Maret 2019 ini bersamaan dengan diresmikannya Semarang Kreatif Galeri.

"Banyak yang unik di Kota Lama. Nantinya, wisatawan juga bisa merasakan sensasi klasik dari VW dan mengetahui jalur perkembangan perdagangan di Jateng yang dimulai sejak tahun 1.700-an," ujarnya. (*)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved