Sri Puryono Ingin Pepadi Membentuk Ekosistem Apresiator Wayang

Pepadi memiliki peran strategis menjaga keluhuran budaya melalui dukungan pelestarian dan pengembangan seni pedalangan

Sri Puryono Ingin Pepadi Membentuk Ekosistem Apresiator Wayang
Tribunjateng.com/Faizal Affan
Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono (batik garuda). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jawa Tengah berkomitmen mendukung pemajuan kebudayaan yang dilakukan oleh pemerintah.

Pepadi memiliki peran strategis menjaga keluhuran budaya melalui dukungan pelestarian dan pengembangan seni pedalangan.

Hal itu mengemuka dalam Musyawarah Daerah (Musda) Pengurus Pepadi Jateng yang digelar di Hotel Kesambi Hijau, Semarang, belum lama ini.

Musda yang diikuti perwakilan seniman berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah ini antara lain bertujuan membentuk kepengurusan baru dan memutuskan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk masa bakti 2018-2023. Kepengurusan baru diketuai oleh Untung Wiyono.

Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono, yang datang mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, Pepadi mesti menjadi yang terdepan dalam upaya pemajuan kebudayaan.

Ia mengatakan saat ini aktivitas berkebudayaan telah dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang di dalamnya telah secara rinci disebutkan keberpihakan pemerintah dalam mendukung hasil-hasil kebudayaan di Indonesia.

“Dengan demikian, Pepadi menjadi mitra strategis dalam mendukung upaya pemerintah,” ujar Sri Puryono yang dalam susunan pengurus Pepadi Jateng menjadi Ketua Dewan Penasihat itu.

Untuk itu, ia menyatakan kepengurusan Pepadi mesti dikelola secara profesional. Terlebih lagi di tengah arus budaya global yang kian masif memberikan penetrasi kepada masyarakat luas, peran Pepadi semakin dibutuhkan untuk memperkuat jati diri generasi penerus bangsa.

Sebab, nilai-nilai luhur yang berakar dari budaya bangsa akan tetap kontekstual sampai kapan pun.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved