Karena Ini Jumlah Wisatawan ke Taman Balekambang Solo Lebih Banyak Dibandingkan Candi Prambanan

Kunjungan ke Taman Balekambang Solo mencapai 2,5 juta orang. Sementara yang ke Prambanan hanya 910 ribu orang.

Karena Ini Jumlah Wisatawan ke Taman Balekambang Solo Lebih Banyak Dibandingkan Candi Prambanan
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Kepala Disporapar Jawa Tengah, Sinung Nugroho (tengah) memaparkan beberapa hal berkait kepariwisataan di Jawa Tengah terutama untuk sepanjang 2019 ini. Itu dijelaskannya, Senin (4/2/2019) di resto Nglaras Roso Jalan MH Thamrin, Kota Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinung Nugroho mengatakan, gelaran event pariwisata dapat menjadi magnet kunjungan wisatawan di suatu daerah.

Tidak hanya soal tempat indah, tetapi justru yang menjadi roh sektor kepariwisataan adalah event di objek wisata itu sendiri.

Ia mencontohkan pada 2017 lalu, kunjungan wisatawan di Taman Balekambang Solo lebih banyak dibanding ke Candi Prambanan.

"Kunjungan ke Taman Balekambang Solo mencapai 2,5 juta orang. Sementara yang ke Prambanan hanya 910 ribu orang. Bahkan jumlah pengunjung Taman Balekambang hampir menyaingi Borobudur yang hanya 2,9 juta wisatawan," kata Sinung, Senin (4/2/2019).

Padahal, lanjut Sinung, Taman Balekambang hanya destinasi wisata yang biasa saja.

Namun karena banyak event yang sering digelar, sehingga mampu menyedot lebih banyak wisatawan dibanding Candi Prambanan.

"Event yang rutin digelar di Taman Balekambang seperti Sendratari Ramayana. Selain itu, setiap hari libur juga pasti ada event sehingga menarik banyak kunjungan wisata," terangnya.

Berkaca dari data tersebut, pihaknya akan melakukan kebijakan-kebijakan baru dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah.

Ia mengatakan, pengembangan pariwisata berbasis masyarakat akan terus ditingkatkan.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved