Ribuan Kotak Suara Mulai Dirakit, KPU Batang Targetkan Selesai Dalam Seminggu

Ketua KPU Batang, Nur Taufan mengatakan jumlah kotak suara yang harus dirakit untuk kebutuhan Pemilu 2019

Ribuan Kotak Suara Mulai Dirakit, KPU Batang Targetkan Selesai Dalam Seminggu
Tribunnews/Jeprima
Ilustrasi kotak suaradigunakan untuk kotak suara Pemilu 2019, saat ini mekanisme pengadaan kotak suara berbahan karton kedap air sudah diperkuat di dalam UU Pemilu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang mulai melakukan perakitan kotak suara yang sudah dilakukan sejak awal Februari di Gudang Logistik KPU Batang, Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman.

Ketua KPU Batang, Nur Taufan mengatakan jumlah kotak suara yang harus dirakit untuk kebutuhan Pemilu 2019 di Kabupaten Batang berjumlah 12.775.

"Untuk kebutuhan kotak suara, baik pemungutan maupun rekap berjumlah 12.775 kotak suara," tutur Taufan saat ditemui, Senin (4/2/2019).

Dikatakannya kotak suara yang sudah dirakit berjumlah 6.012, dan ia menargetkan bisa menyelesaikan dalam waktu satu minggu.

"Hingga Minggu (3/2/2019) jumlah yang sudah dirakit ada 6.012 kotak suara, kami targetkan bisa selesai 6-8 hari atau satu mingguan," ujarnya.

Dalam proses perakitan tersebut KPU melibatkan masyarakat setempat dengan jumlah 10 orang.

"Yang merakit dari masyarakat sini ada 10 orang, setiap orang sehari mampu merakit kurang lebih 200an kotak suara kalau 10 orang berati bisa 2000an kotak suara," ujarnya.

Taufan memastikan penyimpanan kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut diberi pengaman alas plastik dan dijauhkan dengan ventilasi udara.

"Yang jelas alasnya diberi terpal atas dan bawah agar aman, dari sisi kanan kiri juga dijauhkan dari lubang angin atau ventilasi. Pengamanan juga dilakukan oleh anggota Polrea Batang yang menjaga 24 jam," jelasnya.

Taufan menyampaikan hingga saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan surat suara.

"Saat ini kami masih menunggu datangnya surat suara dan formulir, jika sudah datang segera lakukan pelipatan dengan melibatkan PPA dan PPS," pungkasnya.(*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved