Gara-gara Ini Pedagang Durian Pekalongan Banting Harga

Harga durian di Kabupaten Pekalongan merosot. Hal tersebut di karenakan banyaknya pedagang dari luar daerah menggelar dagangan di sentra durian

Gara-gara Ini Pedagang Durian Pekalongan Banting Harga
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Pedagang durian menggelar dagangannya di Pasar Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Harga durian di Kabupaten Pekalongan merosot. Hal tersebut di karenakan banyaknya pedagang dari luar daerah menggelar dagangan di sekitar sentra durian.

Alwi Sofian (41) satu di antara pedagang durian yang menggelar dagangannya di Jalan Raya Karangayar menuturkan, turunnya harga durian membuatnya membanting harga.

“Banyak pedagang durian dari luar daerah yang mematok harga lebih murah, mau tak mau kami harus bersaing harga,” jelasnya (5/2/2019).

Ia menuturkan pedagang luar daerah menggelar dagangannya di sentra durian, seperti Pasar Doro, Pasar Kajen, dan Pasar Karanganyar.

“Penjual durian dari luar daerah berdatangan ke Kabupaten Pekalongan, bahkan ada yang dari Kalimantan. Kami yang awalnya menjulal satu durian kisaran Rp 50-100 ribu, sekarang Rp 100 ribu bisa dapat tiga sampai empat,” katanya.

Pedagang durian luar daerah tersebut dikatakan Alwi selalu datang jelang pembukaan Festival Durian Lolong.

“9 Februari mendatang Festival Durian Lolong akan dibuka dan festival tersebut merupakan agenda tahunan jadi banyak wisatawan yang akan berburu durian,” imbuhnya.

Sementara itu Wahyono (45) pedagang lainnya tidak mempermasalahkan kedatangan pedagang durian dari luar daerah.

“Murah boleh saja tapi rasa pasti berbeda, saya sudah berdagang durian puluhan tahun jadi paham betul durian enak atau tidak,” kata Wahyono.

Wahyono tak khawatir adanya pedagang durian lain, karena ia sudah memiliki pelanggan tetap.

“Saya juga punya kebun dan setiap musim durian pelanggan saya pasti datang, tidak hanya di tempat saya berdagang bahkan mereka mendatangi rumah saya,” tambahnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved