Ribuan Nelayan Kabupaten Pati Peroleh Bantuan Lima Kilogram Beras

Pemkab Pati menyerahkan bantuan beras kepada 6.939 nelayan yang mengalami masa paceklik, Rabu (6/2/2019) di Balai Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana.

Ribuan Nelayan Kabupaten Pati Peroleh Bantuan Lima Kilogram Beras
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto secara simbolis menyerahkan bantuan beras kepada nelayan yang mengalami masa paceklik, Rabu (6/2/2019) di Balai Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menyerahkan bantuan beras kepada nelayan yang mengalami masa paceklik, Rabu (6/2/2019) di Balai Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana.

Pada masa paceklik akibat kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini, setidaknya ada 6.939 nelayan terdampak.

Seperti nelayan dari Juwana, Tayu, Dukuhseti, dan Batangan.

Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Pati Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan, setiap nelayan memperoleh bantuan 5 kilogram beras.

Bupati Pati Haryanto meminta para nelayan tidak melihat jumlah beras yang diberikan karena dipastikan tidak sesuai harapan.

Namun, apa yang dilakukan tersebut sebagai upaya empati serta kepedulian Pemkab Pati terhadap para nelayan di Kabupaten Pati ini.

"Sebab, pada bulan-bulan ini, sebagian nelayan ada yang berani melaut dan sebagian lagi tidak berani. Nelayan kecil lebih memilih mengamankan diri," jelas Haryanto.

Bupati Haryanto menjelaskan, Pemkab Pati berkomitmen untuk setiap tahunnya mengadakan program bantuan tersebut.

"Kami berharap, sedikit bantuan ini mampu meringankan keluarga yang bekerja sebagai nelayan kecil," ucap Haryanto.

Pihaknya pun berdoa agar selepas cuaca ekstrem, ketika tidak ada lagi ombak besar, para nelayan bisa kembali melaut dan memperoleh hasil maksimal.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati Sunartopo menyampaikan, total bantuan yang diserahkan adalah 34,68 ton beras.

"Stok gabah di dinas pada 2018 ada 100 ton. Sedangkan jumlah yang dialokasikan untuk bantuan pada tahun ini sebanyak 34,68 ton," ungkapnya. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved