Ahmad Dhani Diterbangkan ke Surabaya Kamis Dini Hari Tadi untuk Sidang Kasus Pencemaran Nama Baik

Ahmad Dhani, terdakwa kasus penyebaran ujaran kebencian yang ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, telah diterbangkan ke Surabaya

Ahmad Dhani Diterbangkan ke Surabaya Kamis Dini Hari Tadi untuk Sidang Kasus Pencemaran Nama Baik
Dokumentasi Staf Rutan Cipinang
Ahmad Dhani diperiksa saat mengurus adminitrasi di rutan Cipinang, Jakarta Timur. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Ahmad Dhani, terdakwa kasus penyebaran ujaran kebencian yang ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, telah diterbangkan ke Surabaya, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019) dini hari tadi.

Dhani keluar dari Rutan Cipinang pada sekitar pukul 03.00 WIB.

Pemberangkatan Ahmad Dhani ke Surabaya untuk menghadiri sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya atas dugaan kasus pencemaran nama baik.

"Pesawat pertama pagi ya, berangkat pukul 04.20 WIB. Karena kan sidangnya di Surabaya pagi," kata Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang Oga Darmawan saat dihubungi.

Dhani diberangkatkan melalui Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

"Cuma tadi kejaksaan bilang ke kami. Kan kami tanya 'kenapa kok pagi-pagi?' Jaksanya bilang karena sidangnya di Surabaya pagi. Nah kalau nanti jaksa tidak bisa menghadirkan dia dipersidangan atau terlambat kan jaksanya kena tegur dari pengadilan," kata dia.

Oga menambahkan, Dhani didampingi tim kuasa hukumnya.

Awalnya, Ahmad Dhani mau dipindahkan dari Rutan Cipinang ke Jawa Timur pada Rabu kemarin.

Namun rencana itu diundur ke hari ini karena sidang pengadilan baru akan digelar hari ini.

Ahmad Dhani telah ditahan di Rutan Cipinang setelah majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 28 Januari lalu menjatuhkan hukuman penjara satu tahun dan enam bulan terhadapnya dalam kasus ujaran kebencian.

Namun Dhani menyatakan akan mengajukan banding atas putusan tersebut.

Majelis hakim PN Jakarta Selatan menilai, Dhani melanggar Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahmad Dhani Dibawa ke Surabaya Kamis Dini Hari untuk Hadiri Sidang"

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved