Dilaksanakan Dua Tahap, Renovasi 1.162 Rumah Tak Layak Huni di Kota Semarang Tahun Ini

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membantu kebutuhan pembangunan 1.162 rumah tidak layak huni (RTLH).

Dilaksanakan Dua Tahap, Renovasi 1.162 Rumah Tak Layak Huni di Kota Semarang Tahun Ini
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau sebagian rumah tidak layak huni yang hendak dibangun, direnovasi melalui Program RTLH Pemkot Semarang di Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, Selasa (12/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang membantu kebutuhan pembangunan atau renovasi 1.162 rumah tidak layak huni (RTLH).

Menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, pembangunan RTLH itu dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama dikerjakan paling lambat April 2019 dan tahap kedua setelahnya.

"Tahap pertama kami bangun 500 rumah dan harus selesai sebelum April 2019. Setelah itu dilanjut sisanya," terang Hendi, sapaan Hendrar Prihadi, usai launching program RTLH di Rt 01 Rw 11 Kelurahan Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, ada beberapa evaluasi terkait program RTLH ini.

Evaluasi pertama, program RTLH harus tepat sasaran atau khusus untuk masyarakat kategori menengah ke bawah.

"Jangan yang rumahnya cukup bagus dan orangnya kategori mampu, tapi dapat program ini. Ini keliru. Program ini untuk masyarakat yang rumahnya tidak nyaman dan tidak sehat. Dari sisi penghasilan mereka masih berkategori rendah," tandasnya.

Selanjutnya, kata Hendi, koordinasi dan komunikasi antara penggarap dan pemilik rumah sangat diperlukan dalam program ini agar rumah yang dibangun nantinya sesuai harapan bersama.

"Kadang-kadang rumah dikasih RTLH malah geger. Tidak sesuai harapan. Inginnya direhab semua tapi ternyata cuma sebagian. Tadinya rumahnya cukup lumayan bagus direhab malah tidak nyaman. Saya rasa komunikasi yang harus dipecahkan di awal," ujar Hendi.

Kali ini, Pemkot Semarang menggandeng Gabungan Pelaksana Konatruksi Nasionao Indonesia (Gapensi) dalam melaksanakan program RTLH ini.

Halaman
123
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved