Breaking News:

Terima Jutaan Surat Suara Pilpres 2019, KPU Kabupaten Pati Maksimalkan Pengamanan

KPU Kabupaten Pati menerima kiriman logistik surat suara Pemihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: suharno
Istimewa/Dokumentasi KPU Pati
KPU Kabupaten Pati menerima kiriman logistik surat suara Pilpres 2019, Kamis (14/2/2019). Surat suara berjumlah 1.055.487 tersebut disimpan di Aula KPU Kabupaten Pati. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menerima kiriman logistik surat suara Pemihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia, Kamis (14/2/2019).

"Terdapat 528 boks berisi total 1.055.487 surat suara yang diantarkan satu unit truk dari PT Pos Logistik Indonesia," ujar Ketua KPU Pati Imbang Setiawan.

Imbang menjelaskan, sebelum boks truk dibuka, pihaknya bersama perwakilan Bawaslu dan Polres Pati telah memeriksa kelengkapan keamanan truk, antara lain kabel ties.

"Setelah dipastikan dalam kondisi baik, boks truk baru kami buka dan kami turunkan surat suara di dalamnya," ucap Imbang.

Lakukan Sosialisasi Ketertiban Umum, Satpol PP Pati Bagikan Bunga ke PKL yang Langgar Aturan

Mengenai pengamanan jutaan surat suara yang disimpan dalam Aula KPU Pati tersebut, Imbang menjelaskan bahwa pihaknya menerapkan pengamanan internal dan eksternal.

"Pengamanan internal dibagi menjadi tiga shift. Adapun pengamanan eksternal dari pihak kepolisian yang bersiaga di tempat penyimpanan surat suara," ujarnya.

Selain itu, lanjut Imbang, pihaknya juga telah memasang CCTV di tempat penyimpanan surat suara.

Imbang menerangkan, saat ini pihaknya masih menunggu kedatangan empat jenis surat suara lainnya, yakni untuk pemilihan DPD, DPR RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

"Keempat jenis surat suara tersebut rencananya akan dikirim ke Pati pada 23 Februari 2019," ucapnya.

Apabila surat suara sudah lengkap, jelas Imbang, KPU Pati akan meninindaklanjutinya dengan proses sortir dan lipat untuk persiapan penggunaan surat suara pada Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved