Apmiso Jateng Ajari Siswa SMK di Semarang Bikin Bakso dan Ayam Goreng Krispi

Pengolahan ayam krispi dan bakso ini hasil kerjasama antara MGMP Kewirausahaan di Semarang dan Asosiasi Pedagang Mi Ayam dan Bakso (Apmiso) Jateng.

Apmiso Jateng Ajari Siswa SMK di Semarang Bikin Bakso dan Ayam Goreng Krispi
Tribun jateng/akbar hari mukti
Para siswa SMK mencoba membuat bakso di sudut Komplek IB, Jalan Imam Bonjol, Pendrikan Kidul, Semarang, Sabtu (16/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ratusan siswa dan guru SMK se Kota Semarang tumpah ruah di sudut Komplek IB, Jalan Imam Bonjol, Pendrikan Kidul, Semarang, Sabtu (16/2/2019).

Mereka semua tampak asik melihat cara pengolahan bakso dan ayam krispi yang ada di dapur setempat.

Pengolahan ayam krispi dan bakso ini hasil kerjasama antara Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kewirausahaan di Semarang dan Asosiasi Pedagang Mi Ayam dan Bakso (Apmiso) Jateng.

Edukasi pengolahan bakso dan mi ayam ini pun dilakukan langsung Ketua Apmiso Jateng, Lasiman.

Dengan cekatan dan teliti, Lasiman memberi edukasi terkait cara membuat bakso dan menggoreng ayam krispi yang benar.

"Jadi caranya adalah dikasih tepung sebanyak dua kali. Di sela pemberian tepung, harus diguyur air bumbu agar meresap," urai Lasiman.

Untuk menggoreng ayam krispi, api yang digunakan harus tak begitu panas. Hal itu agar lapisan luar dan dalam ayam yang digoreng sama matangnya.

Hal itu pun menggugah rasa penasaran Tri Sukamti, Guru SMKN 9 Semarang. Menurutnya dengan adanya kegiatan ini, Tri jadi tahu bagaimana menggoreng ayam krispi dengan baik, dan hasilnya sempurna.

"Sebelumnya saya kalau goreng itu, selalu gagal. Sejak hari ini saya tahu bahwa saya salah menggorengnya," papar dia.

Menurutnya, biasanya Tri hanya melapisi ayam dengan tepung sebanyak sekali saja. Untuk menggoreng, biasanya minyak yang digunakan terlalu panas. Sehingga hasilnya gosong.

"Saya sampai frustasi, goreng kok gak bisa-bisa. Kalau bisa pun, tidak sempurna. Di sini saya praktik sekali langsung bisa," ujarnya senang.

Memang di kesempatan itu para peserta didorong mencoba mengolah ayam untuk dilapisi tepung dan digoreng. Hasilnya, nanti dimakan secara bersama-sama.

Lasiman, mengungkapkan kegiatan ini adalah bentuk kerjasama Apmiso Jateng dan MGMP kewirausahaan. Tujuannya, lewat kegiatan ini ada komitmen memberi ilmu kewirausahaan yakni membuat bakso dan ayam krispi untuk para siswa SMK.

"Kami meyakini hal ini dapat dimaksimalkan sehingga ke depannya pihak sekolah memanfaatkan edukasi ini dipraktikan ke kawasan sekolah, terutama di kantin," urainya.(Tribun Jateng/Akbar Hari Mukti)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved