Breaking News:

Jumlah DPT Terbesar Kelima di Jateng, KPU Pemalang Fasilitasi Warga Perantau Tetap Memilih

Tingkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu, KPU Kabupaten Pemalang akan fasilitasi masyarakat Pemalang yang berada di luar daerah.

Penulis: budi susanto | Editor: suharno
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Temu media dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih pemilu 2019 yang digelar KPU Kabupaten Pemalang di Hotel Winner Pemalang, Sabtu (16/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Tingkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu, KPU Kabupaten Pemalang akan fasilitasi masyarakat Pemalang yang berada di luar daerah.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat Pemalang bisa menggunakan hak politiknya dalam gelaran pesta demokrasi April mendatang.

Kepala KPU Kabupaten Pemalang Mustagrifin, menjelaskan partisipasi masyarakat pada Pilgub tahun lalu hanya mencapai 58,94 persen, sedangkan Pilpres tahun 2014 mencapai 61,64 persen.

"Partisipasi masyarakat di Kabupaten Pemalang bisa dikatakan masih rendah di antara daerah yang ada di Provinsi Jateng karena target partisipasi pemilih dari KPU RI 77,5 persen," katanya dalam acara temu media dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2019 di Hotel Winner Pemalang, Sabtu (16/2/2019).

Tahun Ini Jalur Pantura Brebes-Pemalang Diperbaiki, Totalnya Rp 100 Miliar

Ia menuturkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Pemalang yakni 1.122.858 orang.

Jumlah tersebut membuat Kabupaten Pemalang masuk kategori lima besar besar DPT terbanyak di Jateng.

"Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu selain melalui sosialisasi. Kami juga akan memfasilitasi warga Kabupaten Pemalang yang ada di luar daerah dengan pengajuan pindah tempat memilih," jelasnya.

Adapun dalam proses pindah tempat memilih diterangkan Mustagrifin, petugas dari KPU Kabupaten Pemalang akan melakukan kooridnasi bersama TPS di mana warga Kabupaten Pemalang tinggal.

"Jadi warga Kabupaten Pemalang yang berada di luar daerah tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada saat Pemilu nanti," tambahnya. (bud)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved