Pilpres 2019

Tak Ada Kisi-kisi, Mahfud MD Nilai Debat Kedua Pilpres 2019 Nanti Malam Akan Lebih Orisinil

Menjelang debat kedua Pilpres 2019 nanti malam di Hotel Sultan Minggu (17/2/2019), Mahfud MD menilai diprediksi bakal lebih baik dan orisinil.

Tak Ada Kisi-kisi, Mahfud MD Nilai Debat Kedua Pilpres 2019 Nanti Malam Akan Lebih Orisinil
TRIBUNJATENG/M NAFIUL HARIS
Dewan Pengarah BPIP RI Moh Mahfud MD seusai menyampaikan orasi ilmiah di Gedung Pertemuan Daerah Salatiga, Minggu (17/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Menjelang debat kedua Pilpres 2019 yang akan berlangsung nanti malam di Hotel Sultan Minggu (17/2/2019), diprediksi bakal lebih baik dan orisinil.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak memberikan bocoran atau kisi-kisi.

Hal itu diungkapkan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD seusai menyampaikan orasi ilmiah sekaligus deklarasi dukungan alumni UKSW Salatiga untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya kira nanti malam akan lebih genuine ya, apa programnya, apa problemnya, apa yang akan dilakukan dan solusi ditawarkan," terangnya kepada Tribunjateng.com, saat dijumpai di Gedung Pertemuan Daerah Salatiga Minggu (17/2/2019).

Menurut Mahfud MD yang kini juga menjabat sebagai Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengatakan, debat malam nanti juga akan menjadi debat yang jujur dari masing-masing calon.

Dikatakannya, baik Jokowi maupun Prabowo akan adu argumen soal infrastruktur, pangan, energi, sumber daya alam dan lingkungan.

"Siapa yang memiliki kemampuan dan memahami keadaan realitas akan terlihat. Masyarakat dapat menentukan pilihan secara tepat saat melihat debat nanti malam," katanya.

Guru besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) itu menilai seorang pemimpin harus sudah semestinya menguasai problem dan mampu mencari solusi secara tepat.

Karenanya kata dia, melalui debat nanti malam, ia berharap, masyarakat dapat menilai kualitas cara berpikir calon pemimpin Indonesia selama 2019-2024 nanti.

"Kedua pasangan calon, saya rasa harus menyiapkan materi secara baik. Sebab siapa yang realistis dan siapa yang hanya prediksi akan terlihat malam nanti," sebutnya.

Kepada warga masyarakat Mahfud MD berpesan agar selalu menjaga kesatuan dan persatuan selama pemilu berlangsung. Menurutnya, pemilu sebagai pesta demokrasi yang dinanti harus bisa menjadi agenda menyenangkan bukan kekacauan.

"Ini pesta, tentunya kita semua harus gembira. Tidak ada pesta yang menyedihkan, pesta harus menyenangkan," pungkasnya (Tribun Jateng/ M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved