90 Ribu Lebih Warga Kabupaten Tegal Tunggu Cetak e-KTP, Ini Langkah Disdukcapil

pada akhir Januari‎ 2019 kemarin, jumlah blangko yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 40.000 keping

90 Ribu Lebih Warga Kabupaten Tegal Tunggu Cetak e-KTP, Ini Langkah Disdukcapil
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Perekaman e-KTP beberapa waktu lalu di kantor Disdukcapil Kabupaten Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - 94.312 warga di Kabupaten Tegal masih menunggu pencetakan blangko e-KTP sehingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal berupaya mempercepatnya.

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal Retno Suprobowati mengatakan, pencetakan cepat e-KTP dilakukan di kantor Disdukcapil untuk menuntaskan daftar tunggu cetak e-KTP, baik yang berstatus print ready record atau siap cetak (PRR).

Hal itu termasuk juga melakukan cetak ulang karena ada perubahan data kependudukan.

"Teknis pencetakan dilakukan berurutan per kecamatan. Kami berkomitmen akan mencetak semua PRR dan cetak ulang sesuai urutan, dengan catatan tersedia blangkonya," kata Retno kepada Tribunjateng.com, Senin (18/2/2019).

Retno mengungkapkan, pada akhir Januari‎ 2019 kemarin, jumlah blangko yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 40.000 keping.

Sementara, daftar tunggu cetak mencapai 94.312 yang terdiri dari 76.000 PRR dan 18.312 cetak ulang.

"‎Sejak diterimanya blangko tersebut sampai dengan hari ini, sudah tercetak 35.825 e-KTP yang berstatus PRR dan 4.000 e-KTP yang berstatus cetak ulang," lanjut dia.

Retno melanjutkan, dari 18 kecamatan, delapan kecamatan di antaranya sudah dan dalam proses dicetak e-KTP-nya.

Delapan kecamatan itu yakni, Kecamatan Margasari, Bumijawa, Bojong, Balapulang, Pagerbarang, Pangkah, Adiwerna, ‎dan Talang.

"Sedangkan untuk 10 kecamatan lainnya, akan dicetak mulai pekan depan, setelah blangko dari Kemendagri diterima secara bertahap. Saat ini blangko sedang diambil di Kemendagri," katanya.

‎Retno berujar, masyarakat bisa mengecek e-KTP yang sudah dicetak melalui
http://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cekktp el atau melihat di papan pengumuman daftar e-KTP yang sudah dicetak di masing-masing Rumah Paten di tiap kecamatan.

"Bagi warga yang e-KTP-nya sudah dicetak bisa mengambilnya di Rumah Paten di masing-masing kecamatan. Pengambilan dilakukan sendiri tanpa melalui perantara atau calo. Layanan cetak e-KTP juga tidak dikenakan biaya," tandas Retno. (TRIBUN JATENG/GUM).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved