Kini Hadir Si Kuncung, 1 Lagi Bus Wisata Gratis di Semarang yang Diresmikan Wali Kota Hendi Hari Ini

Jika selama ini sudah ada dua bus tingkat wisata keliling Kota Semarang bernama Si Kenang dan Si Denok, kini ada satu lagi yang baru

Kini Hadir Si Kuncung, 1 Lagi Bus Wisata Gratis di Semarang yang Diresmikan Wali Kota Hendi Hari Ini
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Bus wisata Si Kuncung. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jika selama ini sudah ada dua bus tingkat wisata keliling Kota Semarang bernama Si Kenang dan Si Denok, kini ada satu lagi yang baru.

Namanya adalah Si Kuncung yang diresmikan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang di Halaman Balai Kota Semarang, hari ini, Senin (18/2/2019).

Bus tersebut kali ini merupakan program CSR atau bantuan langsung dari PT Djarum Foundation.

Dari tampilan, berbeda dari kedua bus sebelumnya yang bercat dominan merah, bus yang ke-tiga ini berwarna dominan putih.

Wali Kota Semarang Hendi meresmikan Bus Wisata baru bernama Si Kuncung di Halaman Balai Kota Semarang, Senin (18/2/2019).
Wali Kota Semarang Hendi meresmikan Bus Wisata baru bernama Si Kuncung di Halaman Balai Kota Semarang, Senin (18/2/2019). (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV)

Tulisan Si Kuncung terpampang jelas di bagian atas kaca depan bus, sementara tulisan Yuk muter-muter Semarang berada di bagian body samping.

Tampak juga beberapa gambar bangunan ikonik Kota Semarang, di antaranya Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Klenteng Sam Poo Kong dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Prosesi peresmian dilakukan secara simbolis dengan menggunting pita dan pemecahan kendi oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) usai Upacara Peringatan 3 Tahun Kepemimpinan Hendi-Ita di lokasi yang sama.

“Jadi Si Kuncung ini bus wisata di Kota Semarang yang ke-tiga. Yang pertama kami beli seharga 3.5 miliar Rupiah namanya Si Kenang, kemudian yang ke-dua merupakan CSR dari CIMB Niaga namanya Si Denok,” terang Hendi.

“Harapannya dengan kehadiran Si Kuncung ini, warga baik lokal maupun luar Kota Semarang dapat semakin terfasilitasi dan merasa lebih nyaman jika ingin berwisata di sini. Apalagi bus ini gratis,” imbuhnya.

Bus wisata Si Kuncung.
Bus wisata Si Kuncung. (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV)

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, bus tingkat itu memiliki kapasitas penumpang sebanyak 69 kursi.

Untuk mesin, berkapasitas 12.000 CC dengan enam silinder.

Kepala Dishub Kota Semarang M Khadik menjelaskan bahwa bus Si Kuncung sudah mulai beroperasi hari ini dengan rute dan jadwal yang sama seperti bus Si Kenang dan Si Denok.

Dalam sehari ada tiga jadwal, pukul 8.00, 11.00 dan 15.00 WIB.

Loket tiket dibuka pukul 6.00 WIB, start dari Museum Ronggowarsito, mengelilingi tempat-tempat wisata di Kota Semarang. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved