Tiga Tahun Masa Pemerintahan Hendi-Ita, Inilah Berbagai Capaian Besar Pemkot Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu telah memimpin Kota Semarang selama tiga tahun.

Tiga Tahun Masa Pemerintahan Hendi-Ita, Inilah Berbagai Capaian Besar Pemkot Semarang
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Pemotongan Tumpeng saat tiga tahun masa Pemerintahan Hendi-Ita, Senin (18/2/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu telah memimpin Kota Semarang selama tiga tahun.

Berbagai capaian telah dilakukan untuk membangun Kota Semarang menjadi lebih maju dan hebat.

Hendi, sapaan Wali Kota Semarang mengatakan, tahun pertama setelah dilantik, pemerintah Kota Semarang melakukan reformasi birokrasi yang mana membuat Pemkot Semarang lebih terbuka dengan masyarakat.

Sehingga, masyarakat dapat memperoleh informasi dan melaporkan terkait birokrasi.

"Dari sebelumnya birokrasi adalah sebuah kelompok eksklusif dimana tidak tersentuh oleh masyarakat menjadi kelompok yang sangat terbuka. Dimana ibarat akuarium masyarakat boleh datang, boleh maido kepada birokrasi dan melaporkan apa saja yang tidak benar dengan birokrasi", kata Hendi Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut pada tahun kedua, terangnya, beberapa program Pemkot dalam pembangunan manusia telah dilakukan, seperti di bidang kesehatan melalui UHC dengan biaya kesehatan gratis, beasiswa pendidikan, rehab rumah tidak layak huni (RTLH), dan pembangunan pasar tradisional.

"Kami juga membangun fasilitas umum bagi masyarakat seperti spot wifi, ruang pameran maupun pertunjukan," imbuhnya.

Guna memberikan dukungan kepada masyarakat Kota Semarang untuk meningkatkan daya saing, Hendi membeberkan, Pemkot juga melaksanakan beberapa program seperti kredit wibawa dengan bunga 3 persen pertahun, pembuatan 177 kampung tematik, dan peningkatan infrastruktur daerah pinggiran.

"Ini menunjukkan indeks pembangunan semarang tahun 2017 mencapai 82,1. Ini tertinggi di Jawa Tengah," ucapnya.

Adapun tahun ketiga yakni 2018, dia memaparkan, Pemkot Semarang telah berkolaborasi dengan beberapa kabupatan maupun kota untuk membangun Indonesia lebih maju.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved