Layani 200 hingga 300 Pasien per Hari, Puskesmas Tlogosari Kulon Perlu Tambah Tenaga Medis

Puskesmas Tlogosari Kulon melayani 200 hingga 300 pasien per hari. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang

Layani 200 hingga 300 Pasien per Hari, Puskesmas Tlogosari Kulon Perlu Tambah Tenaga Medis
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Komisi D DPRD dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang menyapa para pasien Puskesmas Tlogosari 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puskesmas Tlogosari Kulon melayani 200 hingga 300 pasien per hari. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, Widoyono, Selasa (19/2/2019).

Sebanyak 200 hingga 300 pasien tersebut dilayani oleh 32 tenaga kesehatan, 22 perawat, dan 4 dokter.

Pantauan Tribun Jateng, Selasa (19/2/2019), banyak pasien yang berobat di Puskesmas Tlogosari Kulon. Pada pukul 11.30, antrean pun masih terlihat di sejumlah pos pelayanan.

Widoyono menuturkan, Puskesmas Tlogosari Kulon ini melayani beberapa wilayah di Pedurungan seperti Muktiharjo, Tlogosari, dan lainnya.

Adapun jumlah penduduk Kecamatan Pedurungan mencapai 190 ribu jiwa. Sebanyak 190 ribu jiwa itu dilayani oleh dua puskesmas yang ada di Pedurungan.

Sehingga, satu puskesmas bertanggungjawab melayani sekitar 90 ribu penduduk. Padahal, standarnya satu puskesmas melayani 30 penduduk.

"Jika kita mengikuti standar itu Kecamatan Pedurungan membutuhkan 6 hingga 7 puskesmas. Kota Semaramg penduduknya termasuk tinggi mencapai 1,7 juta jiwa. Kalau sebanyak itu perlu sekitar 60 puskesmas. Padahal kami punya 37 puskesmas. Itu kalau dari jumlah penduduk," terang Wido.

Dikatakannya, standar tersebut sudah tidak digunakan lagi. Saat ini, pihaknya menggunakan tolak ukur jarak. Jika kurang dari 20 menit jarak dari rumah menuju puskesmas itu masuk dalam standar.

Meski Puskesmas Tlogosari Kulon melayani banyak pasien, rawat inap di puskesmas tersebut kerap kosong.

"Yang saya senang bed nya kerap kosong. Berati tidak ada pasien yang perlu dirawat. Tapi, tidak bisa disimpulkan begitu saja," katanya.

Halaman
123
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved