Pemkab Tegal Raih Nilai B SAKIP 2018, Bupati Umi: Ini Pertama Kalinya

Untuk pertama kalinya, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal Tahun 2018 meraih nilai B.

Pemkab Tegal Raih Nilai B SAKIP 2018, Bupati Umi: Ini Pertama Kalinya
ISTIMEWA
Bupati Tegal Umi Azizah, Sekda Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tegal Nani Lestari berfoto bersama seusai menerima penghargaan dari Kementerian PANRB di Makassar Sulawesi Selatan, Selasa (19/2/2019). Pemkab Tegal meraih niai B atas SAKIP dalam pemerintahan tersebut. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Untuk pertama kalinya, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal Tahun 2018 meraih nilai B.

Informasi ini disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah usai menerima Rapor SAKIP Tahun 2018 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) RI, Syafruddin, Selasa (19/2/2019) di Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam rilisnya kepada Tribunjateng.com, Bupati Umi menyampaikan kegembiraan atas capaian yang diraih itu.

“Baru pertama kalinya sejak adanya penilaian SAKIP, Pemkab Tegal mampu meraih peringkat B”, kata Bupati Umi.

Tahun sebelumnya, kata Umi, peringkat SAKIP Pemkab Tegal paling tinggi adalah CC.

Ditanya tentang SAKIP, Umi menjelaskan, penilaian SAKIP lebih menitikberatkan pada pengukuran efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang mampu merumuskan tujuan dan sasaran secara jelas.

"Serta, mampu menghadirkan layanan publik berkualitas juga memuaskan dengan ditunjang akuntabilitas kinerjanya yang semakin meningkat," sambung dia.

Umi berharap, meningkatnya peringkat SAKIP ini, kepercayaan publik kepada pemerintah semakin menguat.

Menurut Umi, capaian ini selaras dengan penilaian dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dimana 2018 juga memberikan penghargaan.

Penghargaan yang dicapai Pemkab Tegal yakni terbaik I nasional untuk kategori kabupaten di bidang perencanaan dan pencapaian daerah, termasuk penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tegal Tahun 2016 dan 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

“Dari Ombudsman RI, kami juga mendapat Anugerah Kepatuhan 2018, dimana Pemkab Tegal dinilai mampu memenuhi standar pelayanan publik sehingga terkategori hijau”, ujarnya.

Kegiatan SAKIP Award 2018 dilaksanakan di Hotel Four Point, diikuti 174 pemda Wilayah III, meliputi 12 pemerintah provinsi, termasuk Jawa Tengah, dan 162 pemerintah kabupaten/kota.

Pada penerimaan SAKIP, Bupati Umi tidak sendiri.

Dia ditemani Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tegal Nani Lestari. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved