Wali Kota Semarang Ceritakan Pemberian Nama Bus Tingkat Wisata ‘Si Kuncung’, Para Hadirin Tertawa

Wali Kota Semarang, Hendar Prihadi atau Hendi menceritakan pemberian nama bus tingkat Si Kuncung lantaran kisah asmara Si Kenang dan Si Denok.

Wali Kota Semarang Ceritakan Pemberian Nama Bus Tingkat Wisata ‘Si Kuncung’, Para Hadirin Tertawa
ISTIMEWA
Hendi Luncurkan Bus Wisata si Kuncung 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jika selama ini sudah ada dua bus tingkat wisata keliling Kota Semarang bernama Si Kenang dan Si Denok, kini ada satu lagi yang baru.

Namanya adalah Si Kuncung yang diresmikan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang di Balai Kota Semarang, Senin (18/2/2019) kemarin.

Dari tampilan, berbeda dengan kedua bus sebelumnya yang bercat dominan merah, bus yang ketiga ini berwarna dominan putih.

Tulisan Si Kuncung terpampang jelas di bagian atas kaca depan bus, sementara tulisan Yuk muter-muter Semarang berada di bagian body samping disertai gambar-gambar bangunan ikonik Kota Semarang.

Jika nama pasangan bus sebelumnya Si Denok dan Si Kenang yang mengambil nama dari pasangan duta wisata Kota Semarang Denok-Kenang, kali ini Wali Kota Semarang, Hendar Prihadi yang memberikan nama Si Kuncung membeberkan alasannya.

Hendi Luncurkan Bus Wisata Tingkat Si Kuncung, Masyarakat Bisa Menaikinya Gratis!

“Jadi Si Kuncung ini bus wisata kami yang ke-tiga. Yang pertama kami beli dengan APBD seharga Rp 3,5 miliar namanya Si Kenang, kemudian yang kedua merupakan CSR dari CIMB Niaga namanya Si Denok.” cerita wali kota yang akrab disapa Hendi ini.

“Dan ternyata, Denok dan Kenang ini menjalin hubungan khusus sehingga akhirnya muncul bus ketiga yang kami namakan Si Kuncung,” sambungnya mengkisahkan.

“Mudah-mudahan nanti kalau Kuncung punya adek, kami namain lagi Si Genduk,” papar Hendi yang disambut tawa orang-orang di sekelilingnya saat menggelar konferensi pers di Kota Lama Semarang usai peresmian.

Hendi menjelaskan bus tingkat Si Kuncung tersebut merupakan program CSR atau bantuan langsung dari PT Djarum Foundation.

“Harapannya dengan kehadiran Si Kuncung ini, warga baik lokal maupun luar Kota Semarang dapat semakin terfasilitasi dan merasa lebih nyaman jika ingin berwisata di Semarang. Apalagi bus ini gratis,” imbuhnya.

Kini Hadir Si Kuncung, 1 Lagi Bus Wisata Gratis di Semarang yang Diresmikan Wali Kota Hendi Hari Ini

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, bus tingkat itu memiliki kapasitas penumpang sebanyak 69 kursi.

Untuk mesin, berkapasitas 12.000 CC dengan enam silinder.

Kepala Dishub Kota Semarang M Khadik menjelaskan bahwa setelah mendapat surat izin, bus Si Kuncung beroperasi dengan rute dan jadwal yang sama seperti bus Si Kenang dan Si Denok.

Dalam satu hari ada tiga jadwal, pukul 8.00, 11.00 dan 15.00 WIB.

Loket tiket dibuka pukul 6.00 WIB, start dari Museum Ronggowarsito, mengelilingi tempat-tempat wisata di Kota Semarang secara gratis. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved