Breaking News:

Kepunahan Massal Sudah Terjadi di Bumi, Korban Pertama Adalah Serangga

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah mengingatkan jika kepunahan akan terjadi di beberapa makhluk di bumi ini.

Editor: deni setiawan
Science Photo Library
Ilustrasi - Kepunahan massal 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah mengingatkan jika kepunahan akan terjadi di beberapa makhluk di bumi ini.

Dan saat ini, jumlah serangga di seluruh dunia menurun drastis yang mengakibatkan meningkatnya kekhawatiran akan ‘bencana kejatuhan’ ekosistem alami.

Sebuah review pada 73 studi mengenai penurunan populasi serangga dunia, menemukan fakta 40 persen spesies mereka terancam punah.

Sebagai perbandingan, laju kepunahannya 8 kali lebih cepat dibanding yang terjadi pada vertebrata seperti mamalia, burung, dan reptil.

“Hasil studi kami mengungkap penurunan yang dramatis. Itu dapat menyebabkan kepunahan 40 persen spesies serangga dunia dalam beberapa dekade mendatang,” tulis para peneliti.

Viral Video Siswi SMP di Kendal Merokok dan Ciuman, Kepala Sekolah Minta Maaf, Ungkap Kondisi Anak

Kisah Heroik Driver Taksi Online di Semarang, Imam Bantu Penumpang Melahirkan di Mobilnya

Pamit Takziah, Ternyata Wanita ini Check In dengan Selingkuhannya, Tewas Saat Berhubungan Intim

Padahal Bermanfaat Banget Lho, Ini 5 Fitur WhatsApp yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Menurut mereka, penyebab utama dari penurunan populasi serangga dalam jumlah besar ini adalah rusaknya habitat akibat perluasan lahan pertanian dan penggunaan pestisida yang berlebihan.

Saat lahan pertanian berkembang secara agresif, habitat serangga semakin lenyap.

Ladang-ladang kosong menggantikan area vegetasi.

Selain itu, faktor pendukung punahnya serangga juga melibatkan urbanisasi, perubahan iklim, polusi, dan peningkatkan spesies invasif yang memangsa hewan tersebut.

Ketika berbicara tentang perubahan iklim, peneliti mengatakan, suhu yang menghangat di beberapa wilayah, memukul serangga di daerah tropis dengan sangat keras.

Halaman
12
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved