Pinjaman Online Ini Khusus Sasar Kebutuhan Mahasiswa

Beberapa cara ditempuh oleh perusahaan penyedia dana pinjaman online, supaya nasabah merasa nyaman dan terjaga privasinya.

Pinjaman Online Ini Khusus Sasar Kebutuhan Mahasiswa
KONTAN/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI 

SEMARANG, TRIBUNJATENG.COM - Beberapa cara ditempuh oleh perusahaan penyedia dana pinjaman online, supaya nasabah merasa nyaman dan terjaga privasinya.

Sebut saja perusahaan fintech yaitu PT Cicil Solusi Mitra Teknologi (CSMT) melalui cicil.co.id yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Ibda Fikrina Abda, Marketing Operator Coordinator CSMT menyatakan, pihaknya lebih kerja semangat lagi, ketika muncul kabar adanya orang yang bunuh diri diduga karena terlilit utang pinjaman online (pinjol).

Dia katakan, munculnya berita negatif terkait fintech telah merusak citra baik yang kini sedang dibangun sebagai solusi pembiayaan modern. Ujungnya menurunkan kepercayaan masyarakat dalam memanfaatkan layanan pembiayaan berbasis digital ini.

Ibda menjelaskan, di Cicil.co.id sendiri telah dibuat makanisme agar kedua belah pihak, baik user maupun penyedia layanan saling menghormati. Proses penagihan tunggakan pembayaran angsuran dilakukan oleh ambassador sebagai kepanjangan tangan dari perusahaan.

Ambassador tersebut merupakan mahasiswa yang sengaja direkrut sebagai mitra cicil.co.id. Mereka bertugas untuk promosi, mencari user, memverifikasi data hingga melakukan proses penagihan. Setiap fakultas di universitas biasanya memiliki satu perwakilan ambassador.

Hingga saat ini total ada sekitar 80 ambassador cicil.co.id yang tersebar di berbagai kampus yang ada di Semarang dan sekitarnya. Sengaja dipilih ambassadornya adalah mahasiswa karena cicil.co.id memang menyasar mahasiswa.

“Segmen kami khusus mahasiswa. Limitnya berdasarkan profil user, dan orangtua. Pembiayaan maksimal Rp 10 juta. Ada dua jenis produk yaitu pembelian barang dan pembayaran biaya kuliah,” imbuh Ibda.

Pembiayaan barang meliputi pembelian kebutuhan kuliah misalnya buku, peralatan sekolah dan hobi. Sedangkan untuk pembiayaan kuliah, dana langsung ditransfer ke rekening pihak kampus. Untuk mencegah mahasiswa memanfaatkan uang pembiayaan di luar pendidikan.

Perusahaan fintech ini telah berdiri sejak akhir 2016 dan setahun kemudian resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK. Menurutnya untuk bisa masuk ke OJK pun relatif mudah yaitu harus ada ivent pengenalan fintech di kampus dan pemasaran produk tidak boleh hanya di wilayah Jawa saja.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved