Pencetakan Surat Suara di PT Pura Barutama Capai 40 Persen

“Untuk DKI Jakarta baru Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu yang kami kirim. Itupun baru surat suara DPD RI,” jelasnya.

Pencetakan Surat Suara di PT Pura Barutama Capai 40 Persen
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Proses pemindahan surat suara dari PT Pura Barutama di Kudus menuju truk PT Pos Indonesia untuk dikirim ke DKI Jakarta, Kamis (21/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Jelang Pemilu 2019 proses pencetakan surat suara sampai saat ini masih berlangsung. Satu di antara perusahaan yang mencetak surat suara yaitu PT Pura Barutama di Kudus.

Menurut General Affairs Unit Total Security System (TSS) PT Pura, Mulyani, Saat ini sudah 40 persen dari total jatah 94 juta lembar surat suara yang harus dicetak perusahaan ini. Adapun surat suara dimulai pencetkannya sejak 24 Januari 2019. Perkiraan akan selesai termasuk pendistribusian ke masing-masing daerah, yaitu akhir Maret 2019.

“Saat ini proses pencetakan sudah 40 persen dari jatah kami. Beberapa sudah didistribusikan. Diperkirakan akhir pencetakan dan distribusi akhir Maret 2019. Selesai kontraknya 3 April 2019,” kata Mulyani, Kamis (21/2/2019).

PT Pura Barutama merupakan bagian dari kerja sama operasi (KSO) yang dimotori oleh PT Gramedia untuk mencetak surat suara dari KPU RI. Wilayah yang surat suaranya dicetak di PT Pura yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan.

“Kami prioritaskan yang jauh dulu. Misalnya Aceh, sudah 7 kali kami kirim surat suara dan masih ada beberapa kali lagi, perkiraan sampai 12 kali pengiriman,” katanya.

Beberapa wilayah lain yang sudah dicetak dan dikirim yaitu sebagian Sumatera Utara. Untuk Sulawesi Selatan sudah dua kali pengiriman. Jika sesuai rencana pada Akhir Februari 2019 akan selesai pencetakan dan pengirimannya.

Sementara untuk Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bogor baru sekali pengiriman. Selanjutnya yaitu Kabupaten Sumedang dan Subang, masing-masing tiga kali pengiriman.

“Untuk DKI Jakarta baru Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu yang kami kirim. Itupun baru surat suara DPD RI,” jelasnya.

Untuk mencetak surat suara sebanyak 94 juta lembar,  pihaknya melibatkan 1.200 pekerja. Sekitar 200 pekerja ada pada bagian produksi, sedangkan sisanya merupakan bagian finishing.

“1.200 pekerja, mereka hanya khusus back-up untuk cetak dan finishing surat suara,” katanya.  

Jasa pengiriman surat suara dari PT Pura Barutama dipercayakan kepada PT Pos Indonesia. Dalam hal ini, Manajer Marketing Pos Indonesia Cabang Kudus, Pujiyono mengatakan, stidaknya sudah ada 100 ton surat suara yang telah dikirimkan ke Aceh. Sementara untuk Sumatera Utara, diperkirakan minggu depan akan rampung pengirimannya.

“Untuk Sumatera Utara 200 ton beratnya, minggu depan sudah selesai semua,” jelasnya.

Dalam pencetakan surat suara ini, juga diawasi langsung dari pihak KPU RI. Pengawas dari KPU yang bertugas di PT Pura Barutama, Zaenudin mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala dalam proses pencetakan.

“Saat ini pencetakan berjalan lancar. Untuk hasilnya kami menggandeng ahli dari Polimedia. Untuk progresnya saat ini aman,” katanya. (*)
 

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved