Pencetakan Surat Suara di PT Pura Barutama Kudus Dikawal Ketat

Pengamanan tersebut dilakukan sejak percetakan samapai pada pengiriman surat suara ke daerah tujuan

Pencetakan Surat Suara di PT Pura Barutama Kudus Dikawal Ketat
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Petugas kepolisian mengawal jalannya pemindahan surat suara dari gudang PT Pura Barutama di Lingkar Kencing Kudus untuk dikirim ke DKI Jakarta, Kamis (21/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Proses pencetakan surat suara di PT Pura Barutama di Kudus diawasi ketat oleh Kepolisian. Pengamanan tersebut dilakukan sejak percetakan samapai pada pengiriman surat suara ke daerah tujuan.

Kapolres Kudus, AKBP Saptono mengatakan, pengamanan dilakukan oleh pihaknya sejak dalam proses mencetak maupun pengiriman.

Pihaknya menempatkan enam personel untuk mengawasi proses pencetakan surat suara.

Sementara, di gudang untuk menyimpan surat suara setelah akhirnya dikirim ke daerah tujuan, pihaknya juga menempatkan enam personel.

Saat pengiriman ke daerah tujuan surat suara, kata Saptono, masing-masing Polda menugaskan anggotanya untuk datang ke PT Pura Barutama, kemudian melakukan pengawalan melekat sampai ke daertah tujuan.

“Misalnya surat suara dikirim ke DKI Jakarta, maka Polda Metro Jaya menugaskan anggotanya datang ke PT Pura untuk melakukan pengawalan melekat sampai di daerah tujuan,” kata Saptono saat ditemui di PT Pura Barutama, Kamis (21/2/2019).

Selanjutnya, pengawalan juga dilakukan secara berjenjang pada tiap daerah yang menjadi jalur distribusi surat suara.

“Apabila ada kendala atau gangguan di jalan atau di lapangan ditindak sesuai dengan aturan yang ada. Kalau memang itu bisa mengkhawatirkan atau mengganggu keselamatan dari petugas atau mengancam dari personel yang melakukan pengamanan, atau sopir, bisa itu dilakukan tembak di tempat,” lanjut Saptono.

Sementara, kata General Afairs Unit Total Security System (TSS) PT Pura, Mulyani mengatakan, pengamanan tidak hanya dilakukan oleh anggota Polres Kudus. Dalam proses pencetakan surat suara, Mabes Polri juga menempatkan tiga personel melekat untuk melakukan pengawalan dan pengamanan secara ketat.

“Memang pengamanan diperintahkan langsung dari Mabes Polri sekurang-kurangnya dua anggota kepolisian yang melekat,” katanya.

Diketahui, PT Pura Barutama merupakan bagian dari kerja sama operasi (KSO) yang dipimpin oleh PT Gramedia. PT Pura Barutama mendapat jatah mencetak 94 juta lembar surat suara untuk keperluan Pemilu 2019. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved