Tiga Penyelam Direktorat Polairud Polda Jateng Sisir Pantai Cipta Semarang, Ini Maksudnya

Direktorat Polairud Polda Jateng menerjunkan tiga penyelam berpartisipasi perayaan Hari Sampah Nasional di Pantai Cipta Semarang, Kamis (21/2/2019).

Tiga Penyelam Direktorat Polairud Polda Jateng Sisir Pantai Cipta Semarang, Ini Maksudnya
TRIBUN JATENG/RADLIS
tiga penyelam secara simbolis menyerahkan karung sampah plastik kepada Ketua Bhayangkari Polda Jateng, Santi Condro Kirono di tepian Pantai Cipta Kota Semarang, Kamis (21/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jateng menerjunkan tiga penyelam berpartisipasi dalam perayaan Hari Sampah Nasional di Pantai Cipta Kota Semarang, Kamis (21/2/2019).

Tiga penyelam ini memunguti sampah di dasar laut di sekitar Kawasan Pantai Cipta.

Sekitar satu jam, tiga penyelam tersebut berburu sampah di dalam air.

Setelah muncul ke permukaan, masing-masing penyelam membawa satu karung sampah plastik yang kemudian diberikan secara simbolis kepada Ketua Bhayangkari Polda Jateng, Santi Condro Kirono yang sudah menunggu di pinggir pantai.

Direktur Polairud Polda Jateng, Kombes Pol Risnanto mengatakan, pantai dan laut merupakan wilayah tugas dan tanggung jawab Polairud.

Hal inilah yang membuat Kombes Pol Risnanto menginstruksikan anggotanya untuk mulai berperan aktif membersihkan sampah yang ada di laut dan pantai.

"Itu jadi tanggung jawab kami," kata Kombes Pol Risnanto.

Sampah yang sudah dikumpulkan itu dibawa ke TPA Jatibarang dan dikawal petugas kepolisian.

"Kami ingin pastikan sampah ini sampai di TPA. Kalau masih bisa didaur ulang plastiknya akan lebih bagus, bernilai," katanya.

Kombes Pol Risnanto menyebut, kegiatan resik-resik pantai ini terus menerus akan dilaksanakan setiap bulan dan berpindah lokasi.

Bahkan kegiatan ini juga akan menyasar pantai dan laut di daerah lain di Jawa Tengah yang sudah tercemar oleh sampah.

"Kami sudah koordinasikan dengan Kasatpolair di tiap Polres se Jateng agar melaksanakan kegiatan serupa. Mendata titik pantai mana yang tercemar dan akan dilakukan pembersihan," katanya.

Dia berambisi Direktorat Polairud Polda Jateng menjadi garda terdepan di Jawa Tengah dalam upaya membersihkan pantai dari sampah plastik.

"Di luar itu, kami juga ingin menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, bernilai, dan bisa dinikmati masyarakat," pungkasnya. (Radlis)

Penulis: muh radlis
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved