Bayi Enam Bulan ke Atas Wajib Dapat Asupan MPASI

Dengan makanan-makanan bergizi itu, menurutnya akan membuat si buah hati memiliki berat badan ideal dan pertumbuhan optimal

Penulis: akbar hari mukti | Editor: muslimah
shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kebutuhan makanan pendamping ASI, atau MPASI, sangat besar untuk bayi. Khususnya untuk bayi yang berusia mulai enam bulan ke atas.

Adapun sesuai rekomendasi organisasi kesehatan dunia (WHO), MPASI dibutuhkan oleh bayi mulai usia 6 bulan.

MPASI yang menjadi asupan si buah hati juga harus ditentukan kadar gizinya, yakni memenuhi kebutuhan zat besi, nutrisi seimbang dan gizinya, agar tumbuh kembang bayi berjalan optimal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono, memaparkan kebutuhan MPASI memang sebaiknya diberikan ke sejak 6 bulan.

Meski begitu ia menegaskan pemberian MPASI tak lantas membuat orang tua abai untuk memberikan hal yang utama, yakni ASI.

"Tetap untuk ASI diberikan hingga bayi berusia 2 tahun, idealnya seperti itu," ungkapnya kepada Tribun Jateng, Sabtu (23/2/2019).

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Jawa Tengah, Rachmadhani mengatakan, setelah bayi berusia lebih dari enam bulan, kebutuhan makanan bayi akan terus bertambah sehingga membutuhkan makanan pendamping selain tetap memberikan ASI.

"Kebutuhan makanannya akan terus meningkat sehingga dibutuhkan makanan tambahan dan mulai diperkenalkan dengan makanan padat," urai dia.

Menurutnya makanan pendamping bayi ialah makanan sesuai usia, frekuensi, tekstur hingga variasi makanan. Contohnya makanan padat dihaluskan terlebih dahulu agar dapat merangsang pertumbuhan gigi si bayi.

"Apalagi kalau makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak dan vitamin dari sayuran," papar dia.

Kandungan-kandungan ini menurutnya harus ada dalam makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan zat besi, dan nutrisi seimbang lainnya.

Dengan makanan-makanan bergizi itu, menurutnya akan membuat si buah hati memiliki berat badan ideal dan pertumbuhan optimal.

"Jadi menu ini ikut dari menu keluarga yang harus mulai dikenalkan," paparnya.

Bahan makanan untuk MPASI juga tak harus dicari di supermarket. Bahan makanan cukup dicari di pasar tradisional karena menurutnya di pasar juga pasti ditemukan makanan sarat gizi.

"Misal pepes ikan dihaluskan, dan lain-lain. Penghalusan tidak boleh terlalu lembut karena untuk merangsang pertumbuhan gigi," imbuhnya.

Menurutnya saat bayi menginjak usia 6 bulan maka penenuhan asi tetap lebih banyak dari MPASI, yakni 70% berbanding 30%. Baru saat satu tahun ke atas, MPASI lebih banyak dihidangkan untuk pemenuhan gizi.

"Di usia itu, MPASI bisa diberikan 70%, asi 30%. MPASI diberikan 3 kali sehari," ujarnya. (Ahm)

Sumber: Tribun Jateng
Tags
bayi
MPASI
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved