Menteri Siti Nurbaya Ingin TPA Jatibarang Semarang Menjadi Grazing Land

Menyemarakan Hari Peduli Sampah Nasional , Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melakukan apel HPSN tahun 2019 di Semarang.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: suharno
TRIBUN JATENG/RAHDYAN TRIJOKO PAMUNGKAS
Menyemarakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melakukan apel HPSN tahun 2019 di Kota Semarang, Minggu (24/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menyemarakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar melakukan apel HPSN tahun 2019 di Kota Semarang, Minggu (24/2/2019).

Apel yang juga dihadiri Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan sejumlah elemen masyarakat ini dilaksanakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang.

"Apa yang penting dari HPSN tahun 2019 adalah filosofis dari menangani sampah untuk gerakan Indonesia bersih. Oleh karena itu dengan momentum hari sampah kita menjadikan gerakan Indonesia bersih, sehat, dan menjadi bernilai," ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar.

Hendi Sebut Proyek Pembangunan Instalator PLTSa Jatibarang Memasuki Tahap Lelang

Siti Nurbaya menambahkan selain budaya bersih, dan disiplin, peringatan HSPN 2019 mengajak masyarakat menjadi produktif dengan sampah.

Hal tersebut, dipaparkannya telah dicanangkan pemerintah Indonesia untuk merubah paradigma mengenai sampah merupakan sumber masalah menjadi sampah sebagai sumber daya.

"TPA Jatibarang ini merupakan contoh TPA yang sedang kami tangani. Contoh seperti ini di Indonesia banyak. Ada sekitar 55 persen dari semua TPA yang terdapat di Kabupaten Kota," terangnya. 

Bentuk pemanfaatan sampah di TPA Jatibarang menjadi produktif adalah dengan cara menfaatkan sampah menjadi energi listrik.

Mentri LHK mengatakan bahkan pemerintah Denmark mau menginvestasikan 40 juta US Dollar untuk mengelola sampah di negeri ini.

"Pak Wali (Hendrar Prihadi) mempunyai area (TPA) sangat baik kurang lebih 57 hektare. Kalau lihat viewnya (pemandangan) kami sudah diskusikan untuk bisa explore lagi tempat sampah tersebut," ujarnya.

Di sisi lain, Siti Nurbaya ingin memanfaatkan area TPA Jatibarang untuk aspek lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved