Menteri Siti Nurbaya: Tiap Tahun Sampah di Kota Semarang Capai 2,5 Juta Ton

Menteri Siti Nurbaya Bakar turut serta membersihkan Pantai Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, Minggu (24/2/2019).

Menteri Siti Nurbaya: Tiap Tahun Sampah di Kota Semarang Capai 2,5 Juta Ton
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar memberikan rompi kepada satgas peduli sampah setelah membersihkan Pantai Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, Minggu (24/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar turut serta membersihkan Pantai Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, Minggu (24/2/2019).

Pembersihan sampah itu, dirinya ditemani para pejabat yang tergabung dalam Forkompinda Kabupaten Kendal dan masyarakat dari berbagai elemen.

Kegiatan itu merupakan rangkaian kampanye aksi peduli sampah memeringati Hari Peduli Sampah Nasional setiap 21 Februari itu.

Selama dua jam, aksi membersihkan pantai dari sampah itu berhasil mengumpulkan 100 kilogram sampah.

Nantinya sampah itu akan diolah kembali menjadi barang bernilai ekonomi.

Menteri Siti Nurbaya mengatakan, pemerintah menargetkan pada 2025 bangsa Indonesia sudah dapat mengelola sampahnya sebesar 100 persen.

Pengelolaan sampah itu terbagi dua bagian yakni 30 persen pengurangan sampah oleh masyarakat dan 70 persen penanganannya.

"Mengubah kebiasaan masyarakat untuk peduli sampah itu membutuhkan waktu lama. Namun kami yakin Indonesia bisa. Terbukti sudah banyak bank sampah yang ikut membantu pengelolaan. Saat ini ada 7.480 bank sampah," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam produksi sampah yang dihasilkan masyarakat Indonesia sangatlah besar.

Dalam setahun bangsa Indonesia memproduksi sampah sebanyak 65,79 juta ton.

Halaman
12
Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved