Bawaslu Temanggung Bakal Beri Pembekalan Bimtek pada 39.600 Saksi dari Parpol‎

Puluhan ribu orang yang akan mengikuti bintek Bawaslu tersebut merupakan saksi dari partai politik (parpol) peserta Pemilu.

Bawaslu Temanggung Bakal Beri Pembekalan Bimtek pada 39.600 Saksi dari Parpol‎
SERAMBI/M ANSHAR
Ilustrasi Pemilu 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎ ‎Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Temanggung, bakal memberikan pembekalan bimbingan teknis (bimtek) kepada 39.600 orang saksi dalam pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Puluhan ribu orang yang akan mengikuti bintek Bawaslu tersebut merupakan saksi dari partai politik (parpol) peserta Pemilu.

"39.600 saksi itu, berasal dari 16 parpol peserta Pemilu 2019," kata Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Temanggung, ‎Sam Fery Baehaki, Senin (25/2/2019).

Disampaikan, banyaknya saksi dihitung dari jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Temanggung, sebanyak 2.475, lalu dikalikan dengan 16 parpol yang ada‎.

Karena saksi berasal dari parpol, maka menurutnya, yang bersangkutan harus ‎menyerahkan mandat tertulis dari pasangan calon/tim kampanye, partai politik peserta Pemilu, atau calon anggota DPD kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

"Ini sesuai dengan Pasal 351 ayat 3 UU 7/2017 tentang Pemilu. Lalu, sebagaimana dimaksud pada ayat 7, saksi harus dilatih oleh Bawaslu," terangnya. ‎

Lantaran banyaknya peserta bimtek, maka dalam pelaksanaan pembekalannya akan dilaksanakan oleh Panwaslu Kecamatan.

Dalam pelaksanaannya Panwaslu Kecamatan akan disupervisi oleh Bawaslu Kabupaten/Kota, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu RI.

Ditambahkan, pelaksanaan bimbingan teknis kepada saksi dari parpol sendiri akan dilakukan mulai 15 Maret hingga 10 April 2019 mendatang.

Dengan jumlah saksi yang mencapai puluhan ribu orang tersebut, maka bimtek akan dilakukan dalam empat tahap.‎

Halaman
12
Penulis: yayan isro roziki
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved