Tambaklorok yang Dikunjungi Jokowi dan Fadli Zon, Riwayatnya Dulu dan Kini

Nama kampung Tambaklorok viral nasional setelah disebut-sebut dalam debat Pilpres Kedua, oleh Joko Widodo capres petahana.

Tambaklorok yang Dikunjungi Jokowi dan Fadli Zon, Riwayatnya Dulu dan Kini
TRIBUN JATENG/M ZAENAL ARIFIN
Warga Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, mengeluhkan akses di jalan menuju pasar ikan dalam kondisi rusak 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - - Nama kampung Tambaklorok viral nasional setelah disebut-sebut dalam debat Pilpres Kedua, oleh Joko Widodo capres petahana.

Jokowi bilang, pada tengah malam hanya didampingi sopir, menemui warga Tambaklorok untuk melihat perkembangan langsung dan menyerap aspirasi, terkait progres pembangunan Tambaklorok yang disulap menjadi Kampung Bahari.

Tribun Jateng menelusuri fakta terkini Tambaklorok, menemui Ketua RW, pejabat terkait dan warga serta nelayan untuk mengungkap sebenarnya ada apa dengan Tambaklorok atau Kampung Bahari, di Tanjung Mas, Kota Semarang.

Proyek nasional Kampung Bahari Tambaklorok, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, masih dalam proses pembangunan.

Pembangunan yang awalnya ditarget rampung pada 2018 kemarin itu ternyata molor.

Ada sejumlah faktor kelambanan proyek yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan lantaran disebut pada debat kedua calon presiden.

Petugas Satker Pengembangan Kawasan Permukiman Strategis (PKPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, R Pramihardi Nur Cahyono, menyebut saat ini proyek Kampung Bahari, progres pembangunan mencapai 88 persen, terhitung per Februari 2019.

"80 persen anggaran pembangunan sudah terserap. Proyek fisiknya di lapangan sudah 88 persen," kata Pramihardi. Pihaknya mentargetkan akhir Maret 2019, proyek senilai Rp 47 miliar itu rampung.

Ada tiga proyek yang jadi fokus pembangunan yang dilakukan pihaknya. Antara lain, peningkatan jalan Tambakmulyo sepanjang 738 meter, pembangunan ruang terbuka hijau (RTH), dan pembangunan pasar ikan tradisional.

Untuk progres perkegiatan, dia menerangkan pembangunan pasar ikan tradisional yang hampir jadi yakni mencapai 95 persen. Kemudian, jalan 85 persen dan RTH 80 persen.

Langit terlihat cerah berawan di daerah Tambaklorok, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/12/2018). Gelombang air terlihat normal dan berjarak satu setengah meter dari permukaan dam.
Langit terlihat cerah berawan di daerah Tambaklorok, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/12/2018). Gelombang air terlihat normal dan berjarak satu setengah meter dari permukaan dam. (Tribunjateng.com/Reza Gustav Pradana)
Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved