Warga Sunan Kuning Semarang Ikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pemilu 2019

Warga Sunan Kuning, Argorejo, Kelurahan Kalibanteng, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019

Warga Sunan Kuning Semarang Ikuti Sosialisasi Pengawasan Partisipasif Pemilu 2019
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Ratusan warga Sunan Kuning, Argorejo, Kelurahan Kalibanteng, Kecamatan Semarang Barat mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Selasa (26/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ratusan warga Sunan Kuning (SK), Argorejo, Kelurahan Kalibanteng, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Selasa (26/2/2019).

Sosialisasi ini merupakan langkah konkrit yang dilakukan Bawaslu Kota Semarang dalam menjalankan Tugas, Wewenang dan Kewajiban yang tertuang dalam Pasal 93 huruf (c) angka (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan, kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif warga Argorejo Sunan Kuning ini merupakan upaya Bawaslu untuk memberikan pemahaman kepada warga Argorejo bahwa semua memiliki hak pilih yang harus digunakan dengan sebaik-baiknya.

Takluk dari Persatu Tuban, PSIS Semarang Gagal Juara di Turnamen Segitiga Patifosi 2019

Selain itu, tujuan sosialisasi ini juga memberikan pengetahuan kepada warga Argorejo untuk bersama-sama mencegah adanya money politics atau politik uang, pelanggaran sara, maupun penyebaran berita bohong atau hoaks yang bisa saja terjadi di lingkungan mereka.

Dia mengimbau kepada warga Argorejo jika mengetahui ada pelanggaran tersebut untuk bisa segera melaporkan kepada Bawaslu Kota Semarang maupun Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

"Kalau berkaca dari pemilihan gubernur (pilgub) dugaan masih banyaknya money politics. Maka dari itu, minimal mereka bisa memberikan info awal kepada kami jika ada pelanggaram agar bisa kami tindak lanjuti," terangnya.

Seorang warga Argorejo Sunan Kuning, Tyas (31) mengatakan, selama masa kampanye ini tidak ada hasutan dari para calon agar para warga Sunan Kuning memilih seorang calon.

Hanya saja, diakuinya, memang ada calon legislatif yang datang dengan maksud melakukan kampanye di lingkungannya.

"Ya kadang ada yang datang, tapi tidak pernah menghasut untuk memilih calon tersebut," bebernya.

Dikatakannya, dia menyambut baik setiap ada pesta demokrasi. Namun, dia memang tidak pernah memilih di Kota Semarang.

Halaman
123
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved