Surat Suara untuk Pemilu Legislatif Belum Tiba di KPU Kabupaten Tegal, Rencana Awal Maret 2019

Kertas surat suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 belum datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal

Surat Suara untuk Pemilu Legislatif Belum Tiba di KPU Kabupaten Tegal, Rencana Awal Maret 2019
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Surat Suara Untuk Legislatif Belum Tiba Di Kabupaten Tegal, Rencana Awal Maret 2019 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kertas surat suara untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 belum datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal.

Sejauh ini, surat suara yang sudah tiba bahkan sedang disortir pihak KPU adalah untuk Pemilihan Presiden (Pilpres).

Ketua KPU Kabupaten Tegal, Nurohman menyebut, rencananya surat suara Pileg untuk DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Tegal itu akan tiba pada awal maret 2019.

"Rencananya, tanggal 2 Maret 2019 sampai 8 Maret 2019 pengiriman surat suara Pileg dari KPU Pusat. Sampai saat ini, kami belum menerima satu lembar pun," kata Nurohman kepada Tribunjateng.com, Rabu (27/2/2019).

Kini, pihaknya tengah menyortir dan melipat surat suara untuk Pilpres yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang.

Menurut dia, pelipatan dan penyortiran surat suara Pilpres yang melibatkan 250 warga sekitar itu akan rampung pada Rabu (27/2/2019) hari ini.

Selain pelipatan, para pekerja pun harus menyortir kerusakan yang muncul dari 1.230.304 lembar surat suara Pilpres.

"Hari ini, pelipatan yang berlangsung sejak kemarin akan selesai. Setiap sore, kami hitung jumlah kerusakan surat suara yang ada. Rata-rata, kerusakan karena kertas surat suara mengkerut dan ada bercak noda pada gambar paslon maupun peserta parpol pendukung," tuturnya.

Untuk kerusakan sendiri, Nurohman sampai saat ini belum bisa menyebut detail angka jumlah surat suara yang mengalami kecacatan.

Namun, dia memperkirakan jumlah kerusakan surat suara yang ditemukan saat proses penyortiran ada ribuan lembar.

"Kemungkinan sampai ribuan. Sebab, tumpukan kerusakan surat suara yang dikumpulkan kemarin cukup banyak. Untuk kerusakan akan kami kumpulkan dulu. Soal kekurangan surat suara karena rusak, akan dikirim lagi oleh KPU RI pusat. Semua wewenang kertas surat suara ada di pusat," papar Nurohman.

Perlu diketahui, untuk pelipatan dan penyortiran surat suara Pileg akan dilangsungkan pada pertengahan Maret 2019.

Rencananya, pelipatan dan penyortiran surat suara Pileg 2019 akan melibatkan 250 pekerja dari warga sekitar. (TRIBUN JATENG/GUM).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved