KPU Pati Akan Rekrut 30.583 Anggota KPPS, Mau Daftar? Ini Persyaratannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati akan membuka pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: suharno
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Pati Haryono. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati akan membuka pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), 6 hingga 12 Maret 2019 mendatang.

KPU Pati membutuhkan 30.583 anggota KPPS yang akan ditugaskan di 4.369 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di seluruh Kabupaten Pati.

Masing-masing TPS akan diampu oleh 7 personel.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setiawan melalui Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Haryono, Kamis (28/2/2019).

“Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi pendaftar. Di antara persyaratan yang paling utama ialah berpendidikan minimal SMA/sederajat dan berusia minimal 17 tahun. Syarat minimal usia pendaftar diturunkan dari periode sebelumnya (2014) yakni 25 tahun,” ujar Haryono.

16 ASN Pemkab Batang Purna Tugas, Bupati Wihaji Ucapkan Ini

Haryono menjelaskan penurunan batas minimal usia tersebut dilakukan dengan harapan proses regenerasi bisa lebih cepat.

“Agar anak-anak muda bisa terlibat dalam penyelenggaraan pesta demokrasi,” ungkapnya.

Persyaratan penting lain yang harus diperhatikan pendaftar, lanjut Haryono, yaitu pendaftar harus netral, dalam arti tidak berafiliasi dengan parpol atau tim kampanye tertentu.

Terkait hal ini, untuk mengantisipasi jika ada pendaftar yang tergabung timses secara “tidak resmi”, ada pula mekanisme masukan masyarakat.

“Input dari masyarakat dapat menjadi kontrol terhadap hal ini,” ucap Haryono.

Haryono menjelaskan, untuk mengantisipasi kemungkinan kurangnya jumlah pendaftar yang memenuhi kriteria dalam suatu wilayah PPS (Panitia Pemungutan Suara), calon anggota KPPS bisa diambil dari wilayah lain.

“Kalau masih tidak mencukupi, akan ada mekanisme koordinasi dengan lembaga pendidikan untuk mengisi kekurangan SDM KPPS,” tandasnya.

Persyaratan pendaftaran KPPS secara lebih lengkap dan berkas pendaftaran dapat diunduh melalui www.kpu-patikab.go.id

Adapun linimasa pendaftaran KPPS adalah sebagai berikut:

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved