Kejar Target Perekaman e-KTP, Disdukcapil Brebes Buka Layanan di Hari Minggu

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes berusaha mengejar target perekaman data KTP Elektronik (e-KTP)

Kejar Target Perekaman e-KTP, Disdukcapil Brebes Buka Layanan di Hari Minggu
ISTIMEWA
Warga melakukan perekaman e-KTP dalam pelayanan keliling adminduk di komplek Islamic Center, Brebes, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes berusaha mengejar target perekaman data KTP Elektronik (e-KTP) hingga April mendatang. Untuk itu, Disdukcapil Brebes membuka layanan pada akhir pekan atau hari libur.

Kepala Disdukcapil Brebes, Mayang Sri Herdimo mengatakan, upaya jemput bola tersebut digelar di pasar rakyat yang diadakan tiap Minggu pagi di komplek Islamic Center Brebes. Selain perekaman, Disdukcapil juga melayani cetak e-KTP bagi warga.

"Kami membuka layanan di Pasar Saporete di komplek Islamic Center Brebes dengan membuka rekam dan cetak e-KTP. Bagi warga yang belum memiliki e-KTP, bisa datang ke petugas kami dengan menyiapkan fotokopi KK dan surat keterangan (suket) yang akan ditukar dengan e-KTP," katanya, Jumat (1/3/2019).

Mayang mengungkapkan, layanan tersebut digelar setiap akhir pekan. Dalam pelaksanaannya, petugas Disdukcapil menggunakan mobil keliling yang sudah dimodifikasi dilengkapi alat rekam e-KTP.

Hanya saja, lanjutnya, Disdukcapil menyediakan blangko sekitar 100 keping saja. Mayang berharap dengan adanya layanan tersebut, masyarakat antusias dan sadar pentingnya dokumen kependudukan.

Ia menjelaskan, layanan di hari libur itu dengan tujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada warga. Juga sebagai upaya untuk mempercepat perekaman dan cetak e-KTP. Hal ini mengingat saat ini masih banyak warga yang belum melakukan perekaman.

"Ini juga sebagai upaya untuk mempercepat perekaman, karena saat ini masih banyak warga yang belum melakukan perekaman. Tiap pekan, kami sediakan 100 keping blangko," tambahnya.

Mayang mengungkapkan, berbagai program untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat juga terus dilakukan Disdukcapil Brebes di berbagai tempat, di antaranya di sekolah, kantor desa, lembaga pemasyarakatan (Lapas), dan beberapa tempat lainnya.

Saat ini, sambung Mayang, ketersediaan atau stok blangko e-KTP sudah sangat mencukupi. Setiap pelayanan e-KTP di masing-masing kecamatan disediakan blangko sekitar 1.000 keping per pekan. Dia berharap, dengan ketersediaan blangko dalam jumlah banyak, kesadaran masyarakat terhadap adminduk terus meningkat.

"Kalau ada petugas yang menyebutkan blangko e-KTP kosong, silakan informasikan ke kami," ucapnya.

Dari data Disdukcapil Brebes per 31 Januari 2019 ini, masih ada 106.503 warga yang belum melakukan perekaman data e-KTP dari total 1.384.639 warga Brebes yang sudah wajib KTP.

"Yang belum melakukan perekaman sampai 31 Januari 2019 ini ada 106.503 warga. Terdiri dari 60.106 laki-laki dan 46.497 perempuan. Yang sudah melakukan perekaman totalnya ada 1.278.136 warga," kata Kasi Pindah Datang Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Brebes, Eko Setiawan.

Eko menyebutkan, meski 1.278.136 warga sudah melakukan perekaman data, namun belum seluruhnya e-KTP yang baru sudah tercetak. Masih ada 139.609 warga yang sudah melakukan perekaman tapi belum cetak e-KTP. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved