Breaking News:

Puluhan APK Dirusak Orang Tidak Dikenal, DPD PKS Salatiga: Kami Akan Laporkan ke Bawaslu

Puluhan alat peraga kampanye (APK) calon anggota legislatif (caleg) asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang terpasang

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: Catur waskito Edy
TRIBUNJATENG.COM/ M NAFIUL HARIS
Baliho bergambar beberapa caleg PKS yang terpasang kemudian dirusak orang tidak dikenal di Kecamatan Argomulyo, Salatiga, Jumat (1/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA- Puluhan alat peraga kampanye (APK) calon anggota legislatif (caleg) asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang terpasang di wilayah Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga mengalami kerusakan akibat ulah orang tidak dikenal.

Paling banyak, milik seorang caleg dengan nomor urut 4 daerah pemilihan Argomulyo Esti Rahayuningtyas.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Salatiga Latif Nahari saat dikonfirmasi mengatakan adanya kerusakan APK berupa baliho berukuran sedang maupun kecil milik kadernya diketahui dari adanya laporan DPC PKS Argomulyo pada Kamis (28/2/2019) petang.

“Dari laporan teman-teman DPC jumlahnya mencapai 50 buah APK yang dirusak baik baliho sedang dan kecil secara merata robek pada bagian gambar kepala caleg,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Jumat (1/3/2019)

Menurut Latif, pengrusakan APK bergambar para caleg PKS oleh orang tidak dikenal diduga dilakukan pada Rabu (27/02/2019) malam. Secara lisan, peristiwa tersebut telah dilaporkan DPD PKS Salatiga dan DPC PKS Kecamatan Argomulyo ke Bawaslu Salatiga, Kamis (28/02/2019).

Dikatakan Latof, puluhan APK yang dirusak berada di jalur Bulusari-Perumahan Tegalrejo Permai, Kecamatan Argmulyo, Kota Salatiga. Ia menambahkan pada siang hari ini secara tertulis akan mengirim laporan resmi atas peristiwa pengrusakan APK bergambar Caleg PKS dan meminta kepada Bawaslu menindaklanjuti dan bersikap tegas karena kejadian itu dinillai merugikan kadernya.

“Saya meminta Bawaslu Salatiga untuk menindaklanjuti dan mengusut tuntas kasus perusakaan ini. Kami PKS akan mengawal kerja Bawaslu dalam menangani masalah ini,” katanya

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga Agung Ari Mursito menyampaikan terkait dugaan perusakan APK Caleg PKS oleh pihak yang hingga sekarang belum diketahui identitasnya tersebut sejak mendapat laporan pada Kamis (28/2/2019) kemarin langsung melakukan pengecekan dilapangan.

Agung menjelaskan dari temuan jajaran Bawaslu hingga kemarin jumlah APK yang rusak rata-rata robek pada bagian wajah caleg atas nama Esti Rahayuningtyas nomor urut 4 daerah pemilihan Argomulyo paling banyak berkisar 28 buah dan caleg PDIP Adriana Susi satu buah.

“Lokasi tepatnya terpasang APK berada di daerah Tegalrejo, sedang kemarin saya sedang mengawal wilayah Argomulyo kemudian jajaran pengawas kecamatan yang mengecek,” ujarnya

Sebelumnya selama dua hari Selasa-Rabu (26-27/2/2019) Bawaslu Salatiga bersama Satpol PP melakukan pembersihan APK pada seluruh wilayah di empat kecamatan yang ada karena dianggap menyalahi tata aturan berkampanye. Dia menduga, APK milik seorang caleg PKS dan baliho rusak baru saja dipasang seusai adanya operasi penurunan.  

Hingga sekarang baik pemilik APK maupun DPD PKS Salatiga belum mengirimkan laporan resmi tertulis kepada Bawaslu. Saat ini kata Agung, setelah adanya laporan akan dibahas terlebih dahulu bersama Sentra Gakkumdu menindaklanjuti peristiwa pengrusakan APK tersebut.

“Nanti hasilnya bagaimana kami juga konsultasikan dengan Bawaslu Jateng. Kalau informasinya siang DPD PKS melapor ya kami tunggu supaya dapat dipelajari kemudian ditangani,” jelasnya. (ris)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved