Bawaslu Kota Salatiga Akan Beri Pelatihan 7900 Saksi dari Parpol yang Bertugas saat Pemilu 2019

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga bakal memberikan pembekalan kepada para saksi dari partai politik yang bertugas saat Pemilu 2019.

Bawaslu Kota Salatiga Akan Beri Pelatihan 7900 Saksi dari Parpol yang Bertugas saat Pemilu 2019
kompas.com
Rekomendasi dan keputusan Bawaslu untuk meloloskan bakal calon legislatif mantan narapidana koruptor munculkan polemik panjang. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga bakal memberikan pembekalan kepada para saksi dari partai politik.

Pembekalan ini ditugaskan untuk mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS saat Pemilu 2019 tanggal 17 April 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Salatiga Agung Ari Mursito mengatakan mengenai waktu rencana akan dilaksanakan antara tanggal 15 Maret sampai 10 April 2019 sesuai arahan Bawaslu RI.

Lembaga Survei Sebut Jokowi Unggul, Fadli Zon: Gagal Melihat Realitas, Nggak Jelas

Agung menjelaskan pembekalan hanya dilakukan sekali, terkait agenda itu ia telah berkirim surat kepada masing-masing pimpinan partai politik yang ada di Kota Hati Beriman.

“Pada 6 Februari surat sudah kami kirimkan ke pimpinan parpol supaya mengirim data calon saksi di TPS ke Bawaslu. Kemarin hitungan kami ada sekira 7900 an saksi parpol itu belum termasuk Pilpres maupun DPD,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Minggu (3/3/2019)

Menurut Agung jumlah yang ada berdasarkan hitungan TPS yang ada di Salatiga total 614.

Rencana apabila kuota sebanyak 7900 dipenuhi seluruh peserta partai politik dalam sehari dilatih sekira 500 orang saksi TPS.

Terkait materi kata dia, seputar proses pemungutan suara dan penghitungannya di TPS.

Persisnya, modul yang ada sementara tengah dipersiapkan Bawaslu RI kemudian baru dilakukan pelatihan bersama dengan KPU daerah dan Bawaslu baru dilanjutkan ke saksi parpol khusus TPS.

“Masing-masing per kecamatan kami perkirakan berjumlah 4000 orang selama empat hari penuh per harinya 500 peserta,” katanya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: suharno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved