Dua Ban Mobil Sumbat Saluran Air Depan Unimus, Jadi Penyebab Banjir di Kedungmundu

Dua buah ban luar mobil di saluran air di Jalan Kedungmundu Raya, Semarang, tepatnya di depan Unimus, Sabtu (2/3/2019) lalu.

Dua Ban Mobil Sumbat Saluran Air Depan Unimus, Jadi Penyebab Banjir di Kedungmundu
Istimewa
Petugas dari DPU bersama Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang menemukan dua buah ban mobil di saluran air di Jalan Kedungmundu Raya, Semarang, tepatnya di depan Unimus, Sabtu (2/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Iswar Aminuddin mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama membuang sampah pada tempatnya.

Hal itu dikatakannya, lantaran sebelumnya pihaknya menemukan dua buah ban luar mobil di saluran air di Jalan Kedungmundu Raya, Semarang, tepatnya di depan Unimus, Sabtu (2/3/2019) lalu.

“Jangan membuang sampah tidak pada tempatnya seperti itu, apalagi seperti ban mobil yang membuat aliran air mampet dan menyebabkan banjir,” ujarnya kepada Tribunjateng.com, Senin (4/3/2019).

Saat penemuan itu, para petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dibantu Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Drainase (PSDA) dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kota Semarang sedang membersihkan jalan umum di sekitar lokasi.

Tak disangka mereka menemukan dua buah ban mobil yang menutup saluran air sehingga drainase tak berfungsi.

Pada hari itu turun hujan yang cukup lebat dan membuat sejumlah titik di Kota Semarang tergenang air, salah satunya di kawasan Kedungmundu.

Sementara itu, Iswar juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak meninggalkan pasir ataupun bahan material di tepi jalan manapun begitu saja.

“Jika meninggalkan tumpukan pasir untuk bangunan di tepi jalan, sebaiknya ditutupi terpal sehingga kalau waktu hujan pasirnya tidak hanyut ke saluran dan menyebabkan tingkat sedimentasi tinggi dan banjir,” pungkasnya. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved