Penyandang Disabilitas Karanganyar Siap Berpartisipasi dalam Pemilu, Tetapi Ada Syaratnya

Sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 5, penyandang disabilitas mempunyai hak untuk memilih, dipilih, dan sebagai penyelenggara pemilu.

Penyandang Disabilitas Karanganyar Siap Berpartisipasi dalam Pemilu, Tetapi Ada Syaratnya
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Bawaslu Kabupaten Karanganyar menggelar Ngobrol Bareng Penyandang Disabilitas di Kafe Euphoria Karanganyar, Selasa (5/3/2019). Kegiatan itu diikuti 56 penyandang disabilitas perwakilan tiap kelurahan. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Bawaslu Kabupaten Karanganyar menggelar Ngobrol Bareng Penyandang Disabilitas.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kafe Euphoria Karanganyar, Selasa (5/3/2019) itu diikuti 56 penyandang disabilitas sebagai perwakilan tiap kelurahan di kabupaten itu.

Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti mengatakan, sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 5, penyandang disabilitas mempunyai hak untuk memilih, dipilih, dan sebagai penyelenggara pemilu.

"Dengan kegiatan ini, disabilitas mampu berperan aktif dalam hal pengawasan. Sama halnya Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas dalam pengawasan tahapan pemilu," terangnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (5/3/2019) siang.

Adapun terkait masukan perihal akses disabilitas pada Pemilu 2019, pihaknya mengklaim selalu berkoordinasi dengan KPU Karanganyar untuk mempermudah akses bagi penyandang disabilitas.

"Jangan sampai karena tidak ada akses bagi penyandang disabilitas, mereka tidak memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019," tuturnya.

Penyandang disabilitas asal Kecamatan Mojogedang, Widayati (44) misalnya.

Dia mengungkapkan, Pemilu 2019 mendatang, ia meminta kepada Bawaslu dan KPU Karanganyar untuk memperhatikan akses penyandang disabilitas ketika menggunakan hak suaranya.

Ia yang kini tergabung dalam Forum Disabilitas Mojogedang Bersatu (FDMB) berharap, supaya akses di tiap TPS dapat menjangkau dan memudahkan para penyadang disabilitas.

Sehingga tidak menyulitkan mereka guna pemenuhan hak suara.

"Sebagai warga negara kami ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu agar berjalan baik dan sukses," ucapnya.

Ketua KPU Karanganyar Triyastuti Suryandari mengatakan, penyandang disabilitas itu termasuk dalam daftar pemilih pada Pemilu 2019.

"Kami akan lakukan tracking di tiap TPS. Tidak semua TPS ada pemilih (penyandang disabilitas). Setelah ditracking dan kebetulan ada pemilih penyandang disabilitas, pembuatan akses akan diutamakan," tuturnya. (Agus Iswadi)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved