Bayi Laki-laki Temuan Warga di Pos Kecandran Sidomukti Jalani Perawatan di IGD RSUD Salatiga

"Tadi sudah dicek kondisi kesehatan bayi juga dari Puskesmas Gedangan menunggu kondisinya stabil baru dipindahkan ke Dinsos," katanya.

Bayi Laki-laki Temuan Warga di Pos Kecandran Sidomukti Jalani Perawatan di IGD RSUD Salatiga
Tribunjateng.com/M Nafiul Haris
Petugas RSUD Kota Salatiga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan bayi laki-laki yang ditemukan warga, Rabu (6/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Seorang bayi laki-laki yang ditemukan warga di pos pangkalan mobil pick up Kampung Karangrejo Rt 03/ Rw 03, Kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga Rabu (6/3/2019) pagi telah diterima pihak RSUD Kota Salatiga sekira pukul 08.00 WIB.

Sebelumnya Mulyo Cahyono (40) warga setempat seusai naik angkot menuju pos ojek sekira pukul 04.30 mendengar seperti suara seperti kucing namun tidak dihiraukan. Karena penasaran melihat bungkusan plastik warna hitam dan bergerak kemudian dibuka pukul 07.15 bersama warga lainnya dan ternyata berisi bayi.

Kasubbag Humas RSUD Kota Salatiga Nugroho Prasetyaningsih mengatakan bayi yang diketemukan itu sementara dilakukan perawatan intensif hingga benar-benar pulih karena usia bayi masih sangat rentan.

"Tadi kami dihubungi Dinas Sosial Salatiga dan Polsek terkait informasi penemuan bayi. Kemudian baru kami terima sekira pukul 08.00 WIB langsung ditangani petugas medis IGD," terangnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (6/3/2019)

Dikatakan Nugi sapaan akrabnya, mengingat usia anak masih bayi akan dilakukan perawatan di ruang perinatologi RSUD Salatiga atau khusus untuk bayi. Saat diterima dan dilakukan pemeriksaan awal petugas kata Nugi, berat badan bayi 1,5 kilogram, panjang 40 cm.

Terkait pembiayaan perawatan lanjut dia, semua akan ditanggung negara, setelah nanti usia mencukupi kemungkinan besar diserahkan ke Dinas Sosial Salatiga supaya diasuh hingga ada yang ingin mengadopsi.

"Tadi sudah dicek kondisi kesehatan bayi juga dari Puskesmas Gedangan menunggu kondisinya stabil baru dipindahkan ke Dinsos," katanya

Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Joko Lelono saat dihubungi mengatakan sekira pukul 07.15 WIB kepolisian mendapatkan laporan dari warga terkait penemuan bayi yang terbungkus plastik.

Sekira pukul 08.00 WIB Unit PPA Polres Salatiga tiba di lokasi kemudian bayi laki-laki tersebut dibawa ke Puskesmas Gedangan Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, yang diperkirakan baru lahir.

"Sesuai keterangan tenaga medis di Puskesmas, bayi diperkirakan lahir lebih kurang 6 jam sebelum ditemukan, tali pusar sudah dipotong namun tidak rapi. Sedang ari-ari berada didalam tas plastik bersama bayi," ujarnya

Barang yang ditemukan bersama bayi kata Joko Lelono satu buah tas plastik warna hitam kemudian 1 lembar baju dewasa warna hijau abu-abu yang digunakan untuk membungkus bayi dan sebuah boneka panda warna hitam putih. (ris)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved