Dua Warga Berkebangsaan Inggris Masuk DPT Pemilu 2019, KPU Salatiga: Mereka Bakal Kami Coret

Ketua KPU Salatiga Syaemuri Albab mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi adanya WNA yang masuk ke dalam DPT Pemilu 2019 dari KPU RI.

Dua Warga Berkebangsaan Inggris Masuk DPT Pemilu 2019, KPU Salatiga: Mereka Bakal Kami Coret
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Ketua KPU Kota Salatiga Syaemuri 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menelusuri data warga negara asing (WNA) yang tinggal di Kota Salatiga dan diketahui memiliki KTP elektronik (e-KTP).

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga menyebutkan terdapat 7 orang WNA terdaftar atau memiliki e-KTP dari sekitar 150 WNA yang tinggal di Kota Hati Beriman itu.

Ketua KPU Salatiga Syaemuri Albab mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi adanya WNA yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 dari KPU RI.

"Kami mendapat data dari KPU RI. Berdasarkan data itu dilakukan kroscek ke lapangan, ketemu orangnya langsung ternyata benar WNA. Lalu kami memberitahu yang bersangkutan tentang Pemilu 2019," terangnya kepada Tribunjateng.com, Rabu (6/3/2019).

Menurut Syaemuri, yang bersangkutan ialah Peter Jacob Weero berdomisili di Rt 02 Rw 13 Kelurahan Mangunsari Kecamatan Sidomukti dan Lauchlan Campbell di Perum Salatiga Permai III Nomor 10 Rt 02 Rw 12, Kelurahan Blotongan Kecamatan Sidorejo.

Keduanya merupakan warga berkebangsaan Inggris.

Selanjutnya kata dia, KPU kemudian akan mencoret dalam DPT dan tidak akan diberi surat pemberitahuan (form C6).

Atas temuan itu pula telah diteruskan ke petugas pemungutan suara (PPS) melalui PPK kecamatan dan berkoordinasi dengan Bawaslu Kota Salatiga.

"Setelah dapat data dari KPU RI, kami juga koordinasi juga dengan Disdukcapil Kota Salatiga untuk mendapatkan data WNA ber KTP. Di Salatiga ada 7 orang. Dari sana, dua di antaranya terinput di DPT yang kemudian dilakukan pencoretan," katanya.

Sementara sisanya, lima orang WNA yang tinggal di Salatiga tidak masuk ke dalam DPT Pemilu 17 April 2019 mendatang. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved