Libatkan Difabel, KPU Pati Hari Ini Mulai Lipat dan Sortir Surat Suara Pemilihan DPD

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai melakukan proses sortir dan lipat surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

Libatkan Difabel, KPU Pati Hari Ini Mulai Lipat dan Sortir Surat Suara Pemilihan DPD
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai melakukan proses sortir dan lipat surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Rabu (6/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mulai melakukan proses sortir dan lipat surat suara pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Rabu (6/3/2019).

Penyortiran dan pelipatan 1.055.487 lembar surat suara yang diterima KPU Pati Selasa (5/3/2019) tersebut dilakukan di Aula Kantor KPU Kab Pati oleh sejumlah pekerja borongan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan ketua KPU Pati Imbang Setiawan melalui Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Supriyanto.

"Kegiatan tersebut melibatkan 65 pekerja borongan yang terdiri atas 5 orang disabilitas, 20 warga sekitar, dan 40 orang rekomendasi karyawan KPU Pati 40," ujar Supriyanto.

Supriyanto mengatakan, pemeriksaan dan pengamanan kegiatan tersebut akan dilakukan secara ketat dengan melibatkan jajaran Bawaslu Pati dan Polres Pati.

"Perencanaan KPU Pati, sortir dan pelipatan surat suara DPD akan selesai dalam 8 sampai 10 hari. Asumsi penghitungannya, setiap pekerja mampu melakukan sortir dan lipat 1.500 sampai 2.000 lembar surat suara per hari," tambahnya.

Apabila memungkinkan, lanjut Supriyanto, KPU Kabupaten Pati akan mempersingkat waktu penyortiran dan pelipatan dengan cara mencari lokasi sortir baru dan menambah jumlah petugas sortir.

"Terkait hal ini, akan dilakukan evaluasi dan kebijakan baru pascapenyortiran dan pelipatan surat suara hari pertama," ungkapnya.

Supriyanto mengungkapan, KPU Pati menekankan kepada para pekerja agar mengutamakan kecermatan dan ketelitian proses sortir. Hal ini untuk memastikan semua surat suara yang akan digunakan pemilih dalam keadaan baik/tidak rusak. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved