Pemkab Pekalongan Sosialisasikan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Melalui Kesenian Wayang Kulit

Pemkab Pekalongan gelar sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka penurunan prevalensi stunting melalui pagelaran wayang kulit.

Pemkab Pekalongan Sosialisasikan Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Melalui Kesenian Wayang Kulit
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Pagelaran wayang kulit di halaman Pendopo Kabupaten Pekalongan, Rabu (6/3/2019).

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pemkab Pekalongan gelar sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka penurunan prevalensi stunting melalui pagelaran wayang kulit.

Pertunjukan wayang kulit tersebut digelar di halaman Pendopo Kabupaten Pekalongan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi menjelaskan sosialisasi sengaja dikemas dalam pertunjukan wayang kulit.

"Wayang kulit merupakan ajang komunikasi masyarakat sekaligus budaya yang masih dilestarikan di Kabupaten Pekalongan," katanya, Rabu (6/3/2019) malam.

Maka dari itu, dipaparkan Anis wayang kulit dipilih untuk mensosialisasikan tentang penurunan stunting dan prilakunya hidup bersih dan sehat.

"Jadi selain sosialisasi tentang hidup bersih dan sehat, ada nilai-nilai dalam cerita wayang yang bisa lebih digali dan mudah dipahami oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ali Riza menjelaskan budaya menjadi program prioritas Kabupaten Pekalongan.

"Selain memberi pemahaman tentang hidup bersih dan sehat, budaya warisan leluhur yaitu wayang kulit tetap bisa lestari," katanya.

Ali menambahkan beberapa program terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sudah diterapkan oleh Pemkab Pekalongan.

"Kami terus mendorong agar masyarakat menerapkan PHBS, dan beberapa program seperti bersih Jumat pagi, Gerakan Masyarakat Stop Kematian Ibu dan Balita (Gemasetya), dan Gerakan Gotong Royong hidup bersih (Gentong Hebat) sudah dijalankan dan akan terus kami giatkan," tambahnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved