Sertifikasi Tanah di Jawa Tengah Sudah Mencapai 1,2 Juta Bidang

Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Perwakilan Jawa Tengah terus menggenjot program Pensertifikatan Tanah

Sertifikasi Tanah di Jawa Tengah Sudah Mencapai 1,2 Juta Bidang
ISTIMEWA
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sedang melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama antara Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kanwil Jenderal Pajak Jateng I dan II, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pengurus NU Jawa Tengah di Grahadika Bhakti Pradja, Rabu (6/3). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Perwakilan Jawa Tengah terus menggenjot program Pensertifikatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sampai saat ini, sudah ada 1,2 juta bidang tanah di Jawa Tengah yang sudah bersertifikat dan 1,5 juta bidang dalam proses penerbitan sertifikat.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor ATR/BPN Jawa Tengah, Jonahar dalam acara penandatanganan nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama antara Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jateng dengan Pemprov Jateng, Kanwil Dirjen Pajak Jateng dan sejumlah organisasi keagamaan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (6/3).

Penandatanganan itu disaksikan langsung oleh Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Himawan Arief Sugoto.

“Proses PTSL di Jateng terus kami kebut. Di tahun 2018 lalu, sebanyak 1.255.000 bidang tanah di Jawa Tengah sudah bersertifikat, dan sebanyak 1.520.000 bidang tanah sudah menyelesaikan proses peta bidang. Jumlah tersebut tercapai melebihi target sebesar 100,5 persen dari yang ditetapkan tahun 2017,” kata Jonahar.

Dengan capaian itu, maka pihaknya optimis tahun ini akan ada peningkatan signifikan dalam proses penyertifikatan tanah di Jawa Tengah.

Pihaknya mematok target pada tahun ini sebanyak 1.285.000 bidang tanah yang tersertifikat dan sebanyak 1.575.000 peta bidang di seluruh Jawa Tengah.

“Untuk mewujudkan target itu, kami meminta bantuan dari seluruh instansi terkait di Jawa Tengah, baik Gubernur, Bupati/Walikota hingga ke aparat pedesaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendorong seluruh kepala desa di Jateng ikut menyukseskan program PTSL bagi masyarakat dan instansi terkait yang ada di wilayah masing-masing.

Halaman
123
Penulis: faisal affan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved