Longsor di Karanganyar Timbun Rumah Warga, Nenek Suginem yang Tengah Tidur Ikut Tertimbun

Hujan deras yang terjadi di beberapa wilayah Karanganyar tiga hari lalu akibatkan longsor di beberapa titik

Longsor di Karanganyar Timbun Rumah Warga, Nenek Suginem yang Tengah Tidur Ikut Tertimbun
Tribunjateng.com/Agus Iswadi
Warga sekitar, pihak Polsek Ngargoyoso, Koramil dan para relawan sedang membantu mengevakuasi timbunan material longsor di Dusun Ndrojo RT4/11 B Desa Puntukrejo Ngargoyoso Karanganyar, Kamis (7/3/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Hujan deras yang terjadi di beberapa wilayah Karanganyar tiga hari lalu akibatkan longsor di beberapa titik, satu diantaranya yakni di Dusun Ndrojo RT 4/11 B Desa Puntukrejo Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar.

Tebing setinggi sekitar 7 meter longsor dan mengakibatkan tembok kamar rumah milik Wiryo Suginem ambrol. Bencana longsor itu terjadi pada Rabu (6/3/2019) sekira pukul 18.15.

Selain merusak tembok sebagian rumah,  Wiryo Suginem (70) yang sedang tertidur di dalam kamarnya turut menjadi korban. Sebagian tubuh mulai dari ujung kaki hingga dada tertimbun sebagian material longsor.

"Kemarin itu sekitaran maghrib, ia (Suginem) tidur di dalam kamar. Tiba-tiba perengan (tebing) runtuh, menabrak tembok belakang rumah. Bagian bawah merosok ke dalam dan bagian atas merosok ke luar," jelas tetangga Suginem, Sunarjo (60) kepada Tribunjateng.com dan media lain, Kamis (7/3/2019)

Menurut penuturan Sunarjo, saat ini Suginem yang mengalami patah bagian punggung belakang akibat longsor, sedang dioperasi di RS Mowardi.

Saat kejadian longsor, warga setempat membantu mengevakuasi Suginem yang saat itu tertimbun longsor.

"Evakuasi tidak lama. Ia tertimbun sampai dada, yang kelihatan dada ke atas," tuturnya.

Sunarjo menjelaskan, sekitar tujuh tahun yang lalu daerah sini memang pernah terjadi longsor sekali, "Longsor parah yang kali ini, soalnya sampai ada korban," imbuhnya.

Sementara itu Anggota Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Jemani Kecamatan Ngargoyoso, Sartana menjelaskan, dari malam hari kemarin hingga hari ini ada beberapa titik longsor di wilayah Ngargoyoso.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan, beberapa organisai yang ada di Ngargoyoso ikut membantu pendataan dan paginya membantu beberapa titik longsor untuk kerja bakti. Untuk kerja bakti dibagi jadi beberapa titik," tuturnya

Ia mengungkapkan, untuk evakuasi pagi ini berjalan lancar dan kondusif. Dalam proses evakuasi dibantu pihak Polsek Ngargoyoso, Koramil, beberapa relawan dan warga sekitar.

Berkenaan dengan curah hujan yang tinggi, Sartono berharap masyarakat untuk berhati-hati dan antisipasi dikarenakan sedang musim penghujan. Selain itu juga menjaga keselamatan untuk semua. (Tribunjateng.com/ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved